Follow Us

Bukan Pake Garam, Ini Cara Sederhana Cegah Ular Kobra Masuk ke Rumah

Bayu Galih Permana - Rabu, 18 Desember 2019 | 18:15
Ilustrasi ular kobra
PIXABAY/MIKE_68

Ilustrasi ular kobra

HAI-Online.com - Beberapa hari terakhir, masyarakat di Pulau Jawa tengah dibuat takut dengan kemunculan ular kobra yang tiba-tiba masuk ke dalam tempat seperti kos, masjid, hingga rumah.

Seperti dilansir HAI dari Kompas.com, teror ular kobra yang menghantui sejumlah tempat beberapa waktu belakangan dikarenakan awal musim penghujan merupakan saat-saat di mana telur hewan satu ini menetas.

Berkaca dari hal itu, orang-orang pun langsung menebar garam di sekitar rumah karena bumbu masak satu ini dianggap ampuh untuk mencegah ular masuk ke dalam tempat tinggal mereka.

Menurut penjelasan Pakar Gigitan Ular dan Toksikologi, DR. dr. Tri Maharani, M.Si SP.EM, ular nggak akan menyerang manusia terlebih dahulu apabila mereka diam tak bergerak.

Baca Juga: Manfaatkan Benda Sekitar, Cowok Ini Cosplay Jadi Beragam Karakter Film

Hal tersebut terjadi karena penglihatan dan pendengaran ular sendiri sebenarnya nggak tajam, sehingga mereka selama ini hanya mengandalkan sensor gerak dan panas untuk mendeteksi mangsa.

"Ular tidak akan menggigit kalau tidak merasa terancam. Jadi kalau kita tidak mukul, tidak pegang dia tidak akan menggigit," jelas penasehat Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) untuk gigitan ular tersebut.

Lebih lanjut, Maha mengatakan bahwa cara sederhana untuk mencegah ular masuk adalah dengan menjaga rumah selalu bersih, terutama dari hewan-hewan seperti tikus, katak, ataupun unggas.

"Intinya, kita tidak akan lihat ular masuk rumah kalau kita tidak membuat si ular mendapatkan sesuatu yaitu makanannya. Karena reptil cuma satu tujuannya, makan," ucapnya menambahkan.

Baca Juga: Teror Ular Kobra di Musim Hujan, Waspadai Tempat yang Bisa Jadi Persembunyiannya

Selain itu, bagi yang memiiliki kebun di rumah, bersihkan dan pangkas tanaman dengan rutin karena ular senang sekali sembunyi di antara bebatuan maupun semak belukar.

“Potongi rutin seminggu sekali supaya tahu apakah ada ularnya atau tidak. Ular akan menetap karena habitatnya tidak diganggu,” tutup Maha.

Jadi gimana, nggak susah kan? Maka dari itu, mulai saat ini jangan males buat jaga kebersihan ya kalau nggak mau lihat ular kobra tiba-tiba muncul di dalam rumah sob. (*)

Source : Kompas.com

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

Latest