Follow Us

Sering Dihindari karena Takut Lemak, Kulit Ayam Ternyata Punya Banyak Manfaat Bagi Tubuh

Ricky Nugraha - Rabu, 11 Desember 2019 | 18:00
Kulit ayam crispy
Thebutcherysausage.com

Kulit ayam crispy

HAI-online.com - Kita mungkin sering dengan bahwa kulit ayam itu buruk bagi kesehatan karena disebut mengandung banyak lemak dan akan meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh kita.

Di mana hal itu nantinya bisa menyebabkan masalah kesehatan seperti tekanan darah tinggi dan masalah jantung. Akhirnya, banyak orang menghindari kulit ayam, terutama mereka yang sedang melakukan diet.

Namun, penelitian terbaru dari Universitas Harvard menunjukkan bahwa kulit ayam memiliki nilai gizi baik dan nggak akan menyebabkan masalah kesehatan yang disebutkan sebelumnya.

Menurut laporan, lemak pada kulit ayam dikategorikan sebagai lemak sehat, dan itu berpotensi mengurangi tekanan darah tinggi dan kolesterol tinggi, tergantung pada hormon seseorang.

Baca Juga: Susah Bangun Pagi Meskipun Ada Alarm? Simak Nih Tipsnya Sob!

Selain itu, kalori dalam kulit ayam sebenarnya nggak setinggi itu dan jika dikonsumsi secukupnya, itu nggak akan membuat gemuk.

Lalu, ketika menghilangkan kulit ayam sebelum dimasak, maka akan lebih mudah menyebabkan minyak masuk dalam daging.

Dengan nggak menghilangkan kulitnya, kulit ayam itu bisa menjadi seperti penghalang terhadap minyak.

Menurut SCMP, ahli gizi di Integrated Medicine Institute, Sheena Smith, juga pernah mengatakan bahwa hal utama yang membuat kulit ayam nggak sehat adalah cara memasaknya.

Baca Juga: Muncul Benjolan di Leher Kamu? Kenali Tanda Pembengkakan Kelenjar Getah Bening

"Jika mencelupkan lemak ayam ke dalam adonan dan remah roti dan menggorengnya, maka kau hanya menambahkan kalori yang nggak berarti dan pada dasarnya, membuatnya menjadi sesuatu yang tak sehat," ujarnya seperti dikutip dari World of Buzz.

Namun, perlu dicatat juga bahwa ayam yang dijual secara komersil biasanya disuntikkan dengan hormon dan antibiotik, dan bahan kimia yang dikonsumsi oleh ayam akan tersimpan dalam lemak. Jadi, jika dikonsumsi, bagian ayam ini bisa sangat nggak sehat.

Source : World of Buzz

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest