Follow Us

Suka Makan Nasi Sisa Kemarin? Hati-Hati Bahaya Ini Bisa Menghantui

Dio Firdaus - Rabu, 27 November 2019 | 16:15
Selamat Hari Pangan Sedunia, Begini Fakta Mengonsumsi Nasi yang Dipanaskan Berulang Kali
Natgeo ID

Selamat Hari Pangan Sedunia, Begini Fakta Mengonsumsi Nasi yang Dipanaskan Berulang Kali

HAI-ONLINE.COM- Untuk kamu yang suka memanskan ulang nasi sisa kemarin, HAI punya berita yang cukup buruk nih buat kamu.

Memang sih, rasanya sayang banget kalau harus ngebuang nasi sisa kemarin. Terlebih lagi kalau masih banyak. Anak kost pasti sering begini nih, hayo ngaku.

Padahal tau nggak sih sob kalau kebiasaan ini bisa berakibat cukup fatal ke kesahatan kita?

Baca Juga: Suka Merinding Kalo Dengerin Musik, Bersyukurlah Otak Kamu Spesial!

HAI melansir dari Indenpendent.co.uk, sebuah layanan kesehatan publik di Inggris yang memiliki nama National Health Service mengatakan kalau kita bisa saja keracunan makanan jika makan nasi sisa kemarin.

Sekalipun kamu panaskan nasi itu kembali, masalah keracunan makanan ini masih bisa terjadi. Karena sumber masalahnya adalah bagaimana cara kita menyimpan nasi setelah dimasak.

Untuk kamu yang belum tau, beras itu sering mengandung spora Bacillus Cereus, sel yang mampu bereporduksi dengan cepat dan bisa merubah menjadi untai bakteri, sebagaimana HAI rangkum dari Intisari.id.

Baca Juga: Ngiler Lihat Foto di Instagram, Pria Ini Tempuh Lebih dari 9.600 Km untuk Makan Nasi Lemak Langsung di Malaysia

Kalau nasi yang kamu masak dibiarkan di suhu kamar, spora bisa tumbuh menjadi bakteri yang bisa berlipat ganda. Inilah yang bisa menyebabkan kita keracunan sampai diare.

Jadi, gimana dong caranya biar nggak buang-buang nasi?

Cara yang pertama sih tentunya masaklah nasi secukupnya aja. Jadi nggak akan ada sisa yang nantinya di makan keesokan harinya.

Kedua, atas rekomendasi NHS, segera sajikan nasi setelah dimasak. Lalu dinginkan sisa nasi secepat mungkin. Setelah itu langsung simpan nasi di kulkas deh sebelum panaskan ulang.

Oh iya, yang terakhir dan paling penting. Jangan pernah memanaskan nasi lebih dari sekali apapun yang terjadi. (*)

Source : intisari

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest