Follow Us

Hati-Hati Penipuan Kacamata Ray Ban di Instagram, Bisa Hack Akun Kita sampai Alihkan ke Website Berbahaya

Dio Firdaus - Rabu, 27 November 2019 | 12:00
Penipuan Kacamata Ray-Ban
Dok.HAI

Penipuan Kacamata Ray-Ban

HAI-ONLINE.COM- Sob, sepertinya saat ini lo harus lebih berhati-hati saat bermain Instagram. Pasalnya Instagram saat ini sedang dibanjiri praktik scam dalam bentuk iklan kacamat Ray Ban.

Merangkum dari KompasTekno, praktik penipuan seperti sudah beredar sejak Juni lalu di Inggris dan kini mulai merajalela di Indonesia. Bahkan salah satu reporter HAI adalah salah satu korbannya.

Akun Instagram pribadi salah satu reporter HAI diretas dan tanpa disadari memposting foto promosi Ray Ban.

Menurut pengakuannya, semua bermula pada 19 September 2019 yang di mana ada email masuk dari Instagram yang mengatakan kalau seseorang dari Bandung, Indonesia login ke akun Instagram melalui Chrome.

Penipuan Kacamata Ray-Ban
Dok.HAI

Penipuan Kacamata Ray-Ban

Baca Juga: Tidur 7 Jam Sehari itu Gampang Gampang Susah, Ini Tips untuk Mengatur Pola Tidur yang Best!

Karena merasa nggak punya relasi di Bandung, reporter HAI ini pun langsung mengecek akun Instagramnya dan saat dibuka, sudah ada foto promosi Kacamata Ray Ban yang didiskon 90% dan juga berisi situs resmi Ray-Ban.

Ternyata, sebagaimana HAI kutip dari The Sun, postingan tersebut akan mengarahkan pengguna ke sebuah halaman web yang berbahaya. Halaman itu diketahui mengelabui pengguna untuk mencuri infomrasi yang dimiliki, seperti password dan alamat email Instagram.

Menurut pakar keamanan siber dari ESET, Nick FitzGerald yang HAI kutip dari KompasTekno mengatakan ada kemungkinan akun tersebut nggak hanya diretas tapi juga diperjual-belikan di pasar gelap internet.

Saran HAI nih ya sob, sebagai salah satu korbannya, ada baiknya lo aktifkan fitur keamanan two-factor authentication deh. Kalau bisa malah ganti password secara berkala.

Source : kompastekno

Editor : Hai

Baca Lainnya





PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Hot Topic

Tag Popular