Follow Us

Gini Caranya Ngukur Berat Badan Ideal. Biar Nggak Gemuk Dadakan

Rayhadi Shadiq - Kamis, 22 Juni 2023 | 15:18
obesitas
MEN Media via Metro

obesitas

HAI-Online.com - Dari beberapa tanda seseorang mengidap diabetes, obesitas atau berat badan yang nggak ideal dengan tinggi badan jadi salah satu ciri yang harus kita perhatikan disamping aspek-aspek lainnya.

Ketua Umum Perkumpulan Endokrinologi Indonesia (PERKENI) Prof DR dr Ketut Suastika SpPD KEMD mengatakan, mengukur berat badan ideal jadi salah satu tahap pencegahan dini untuk mengatasi diabetes.

"Orang yang berisiko tinggi mengalami diabetes antara lain mereka yang kegemukan atau obesitas, lingkar perut melebihi angka normal, ada riwayat diabetes dalam keluarga, dan perempuan yang melahirkan bayi lebih dari 4 kilogram," kata Suastika dalam Pertemuan Ilmiah Tahunan (PIT) InaHEA (Indonesian Health Economic Association) ke-6, di Bali (6/11/2019) seperti dikutip Kompas.com.

Berat badan yang melebihi batas normal patut dicurigai sebagai ciri diabetes.

Baca Juga: Kevin Feige Konfirmasi Tiga Superhero Baru yang Bakal Gabung Marvel Cinematic Universe

Indeks Massa Tubuh atau Body Mass Index (BMI) sering kali dijadikan acuan melihat tubuh seseorang apakah sudah ideal atau kegemukan.

Misalnya, lo pengen tau apakah lo normal atau obesitas, lo bisa pake BMI ini.

Cara ngitungnya adalah, pertama-tama lo harus tau dulu berat badan dan tinggi badan lo.

Rumus cara ngitung berat badan ideal itu: (berat badan dalam kg) / [ (tinggi badan dalam meter) x (tinggi badan dalam meter) ]

Misalnya nih, tinggi badan lo 1,75 meter atau 175 centimeter, dan berat badan lo 80 kilogram.

Pertama, lo kalikan tinggi lo dalam satuan meter, dikali dengan jumlah tinggi lo, atau dikuadratkan. Berarti 1,75 dikali 1,75. Yang mana hasilnya adalah 3,06.

Baca Juga: Udah Pake 3 Hape Plus 1 Laptop demi Nonton Slipknot, Tetep Nggak Dapet Tiket Hammersonic 2020

Source : Kompas.com

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest