Follow Us

Angkringan Asli Yogyakarta Ini Mangkal di Tokyo Jepang

HAI Internship - Jumat, 08 November 2019 | 18:30
Angkringan di Jepang
Facebook/Jun Kitazawa

Angkringan di Jepang

HAI-Online.com - Indonesia memang memiliki berbagai macam budaya yang unik dan pastinya khas. Salah satu budaya yang unik tersebut adalah budaya makan di angkringan.

Angkrian sendiri berasal dari bahasa jawa, angkring, yang artinya alat dan tempat jualan makanan dengan pikulan berbentuk melengkung ke atas. Nah, biasanya angkringan berada di pinggir jalan, menggunakan gerobak dorong, dan memiliki atap dari terpal plastik.

Angkringan ini sangat khas di daerah-daerah seperti Solo, Yogayakarta, Surabaya dan daerah lainnya.

Baca Juga: 5 Fakta Seputar Risa Santoso, Rektor Termuda Indonesia yang Perbolehkan Mahasiswa Lulus Tanpa Skripsi

Nah, baru-baru ini tengah viral kalau ada angkringan yang muncul di beberapa tempat Negeri Sakura alias Jepang. Kok bisa?

Angkringan di Jepang
Facebook/Jun Kitazawa

Angkringan di Jepang

Ternyata, adanya angkringan tersebut merupakan sebuah proyek yang bernama "NOWHERE OASIS" di ajang Tokyo Festival 2019.

Diinisiasi oleh seniman asal Jepang, Jun Kitazawa, proyek tesebut memiliki tujuan untuk memperkenalkan budaya makan angkringan Yogyakarta, ke masyarakat Jepang.

Ide dari proyek ini berangkat dari pengalamannya yang kini tinggal di Yogyakarta. Ia merasakan banyak perbedaan antara Jepang dan Indonesia, terutama pada masyarakatnya.

Menurutnya, angkiran yang ia temukan di Yogyakarta adalah sebuah tempat yang bisa menenangkan. Di angkiran, masyarakat yang datang nggak cuma untuk makan, tapi masyarakat bisa melepas penat dengan ngobrol dengan sekitarnya.

Dalam membangun proyek ini, Kitazawa nggak sendiri. Ia dibantu oleh komunitas-komunitas orang Indonesia yang tinggal di Jepang.

Seniman Jepang, Jun Kitazawa
junkitazawa.com

Seniman Jepang, Jun Kitazawa

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest