Follow Us

Mengenal Font Pada Logo Piala Dunia U-20 2021, Ternyata Bisa Diunduh Gratis & Asli Buatan Orang Indonesia

Bayu Galih Permana - Selasa, 29 Oktober 2019 | 16:30
Logo Piala Dunia U-20 2021 yang dirilis oleh PSSI.
TWITTER/PSSI

Logo Piala Dunia U-20 2021 yang dirilis oleh PSSI.

HAI-Online.com - Kabar gembira datang dari dunia persepakbolaan tanah air, Indonesia ditunjuk Federasi Sepak Bola Internasional FIFA untuk menjadi tuan rumah dalam ajang Piala Dunia U-20 pada tahun 2021 mendatang.

Beberapa saat setelah ditunjuk menjadi tuan rumah ajang dua tahunan tersebut, Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) pun merilis sebuah logo khusus yang digunakan untuk menyambut Piala Dunia U-20 2021.

"ALHAMDULILLAAAAAAHHHHH. ASTUNGKARA. PUJI TUHAN. Indonesia resmi terpilih menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2021!" tulis PSSI melalui akun Twitter resminya pada Kamis (24/10) lalu, sambil membagikan logo Piala Dunia U-20 2021 buatan mereka.

Menariknya, font yang dipakai untuk menulis "Indonesia 2021" pada logo itu ternyata merupakan hasil karya anak bangsa bernama Adien Gunarta.

Baca Juga: 100 Cowok Ingin Melamar Cewek Ini, Tapi Semua Ditolak Karena Alasan Mulia

Fakta ini sendiri terungkap melalui utas yang dibagikan oleh akun Twitter @ariqsy, di mana dia menjelaskan bahwa font Upakarti yang dipakai oleh PSSI untuk membuat logo itu merupakan milik sahabatnya.

"Jadi, ini lah Adien Gunarta. Rupanya, font Upakarti yang dia buat digunakan dalam logo Piala Dunia U-20 2021 Indonesia secara cuma-cuma. Meskipun ia tidak membutuhkan royalti, Adien pantas mendapatkan penghargaan. Hormat. Begitulah warisan dibangun," tulis @ariqsy.

Dilansir dari situs dafont.com, Adien Gunarta ternyata memang membiarkan orang-orang untuk menggunakan font tersebut secara gratis, baik untuk pribadi atau keperluan komersil, asalkan mereka merupakan warga negara Indonesia.

"Gratis buat kamu khususnya orang Indonesia :) It's free for personal and commercial user. For commercial user please contact me first," tulis Adien dalam catatan font Upakarti buatannya.

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest