Follow Us

Terlalu Banyak Makan Garam Bisa Bikin 6 Penyakit Ini Muncul Lho!

Dio Firdaus - Selasa, 29 Oktober 2019 | 21:00
ilustrasi garam
iStockphoto

ilustrasi garam

HAI-online.com- Sama seperti nasi, keberadaan garam dalam makanan kita sehari-hari seolah nggak bisa terpisahkan. Mulai dari makanan pokok sampai kue, pasti pakai garam.

Padahal, ada beberapa penyakit yang muncul kalau kita memakan terlalu banyak makan garam. Meski begitu, bukan berarti kita tidak boleh mengonsumsi garam sama sekali.

Menjaga kadarnya adalah hal yang terpenting, sebab garam juga memiliki beberapa manfaat untuk tubuh kita. Garam atau sodium, dalam jumlah yang cukup, dibutuhkan untuk menjaga keseimbangan cairan di tubuh, dan berperan dalam menjaga fungsi saraf serta otot.

Baca Juga: Dendam Karena Sering Di-bully, Siswa SMP Lempar Tubuh Pelakunya dari Lantai 4 Gedung Sekolah

Kamu mungkin sudah sering mendengar bahwa banyak makan garam bisa menyebabkan darah tinggi. Hal ini tidaklah salah. Hanya saja, kamu juga perlu mengetahui bahwa ada juga penyakit lain yang bisa timbul akibat konsumsi garam berlebih, seperti di bawah ini.

Penyakit jantung

Garam bisa meningkatkan tekanan darah dan menimbulkan darah tinggi. Kondisi ini merupakan penyebab penyakit jantung yang paling umum.

Hampir dua per tiga dari seluruh kasus stroke dan setengah dari kasus penyakit jantung, disebabkan oleh hipertensi.

Penyakit ginjal kronis

Sama seperti penyakit jantung, penyakit ginjal kronis juga bisa disebabkan oleh tekanan darah tinggi. Orang yang mengidap penyakit ini, lebih sensitif terhadap asupan sodium atau garam di tubuh.

Penyakit ginjal kronis dan hipertensi berhubungan dengan siklus yang berkisambungan. Pasalnya, ginjal berperan dalam metabolisme garam di tubuh.

Source : Kompas Lifestyle

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Hot Topic

Tag Popular