Follow Us

Facebook dan Instagram Akan Tandai Postingan yang Berisi Hoaks

Dio Firdaus - Jumat, 25 Oktober 2019 | 16:05
Facebook dan Instagram
Facebook Newsroom

Facebook dan Instagram

HAI-online.com- Kabar hoaks emang paling gampang menyebar di internet, apalagi media sosial seperti Facebook dan Instagram.

Untuk itu, dalam rangka mengurangi peredaran hoaks, Facebook dan aplikasi anakannya, Instagram mengumumkan rencana mereka menambah fitur baru untuk mendandai postingan yang kebenerannya perlu ditanyakan.

Dari penjelasan yang ada di Facebook Newsroom, nantinya semua unggahan Instagram atau Facebook yang dicurgai sebagai hoaks akan diburamkan agar nggak bisa dilihat.

Baca Juga: Setelah Instagram, Ini Aplikasi-aplikasi yang Menyusul Punya Dark Mode

Hampir sama seperti postingan yang mengerikan, ditengah gambar atau video yang buramkan itu disematkan label "See why" yang akan memberitahu pengguna informasi pada postingan tersebut ngawur.

Darimana Facebook dan Instagram tau kalau postingan itu mengandung unsur hoaks?

Untuk menelusuri kebenaran informasi itu, Facebook mengandalkan jasa pengecek fakta pihak ketiga, sebagaimana HAI rangkum dari KompasTekno.

Nggak cuma nandain postingan yang berisi hoaks aja, pihak Facebook pun nantinya akan mencegah pengguna yang ingin menyebarkan konten hoaks dengan memunculkan jendela pop-up yang mengingatkan kalau postingan itu sudah dianggap haoks.

Tapi, semua itu hanya cuma peringatan, melansir dari Facebook Newsroom, kita masih bisa membagikan unggahan itu dengan mengklik tombol "share anyway". (*)

Editor : Hai

Baca Lainnya





PROMOTED CONTENT

Latest