Follow Us

Cewek 16 Tahun Ini Alami Buta Warna Setelah Pakai Smartphone Lebih dari 10 Jam Tiap Harinya

Ricky Nugraha - Rabu, 23 Oktober 2019 | 14:30
Ilustrasi cewek main smartphone
Pixabay

Ilustrasi cewek main smartphone

HAI-online.com - Sudah banyak berita yang mengabarkan tentang dampak buruk akibat terlalu sering menggunakan smartphone.

Biasanya, masalah utama yang ditimbulkan adalah berkurangnya daya penglihatan pada manusia. Namun, di kasus terbaru, terlalu sering menggunakan smartphone juga bisa mengakibatkan buta warna.

Pada 14 Oktober lalu, seorang cewek asal Kaohsiung, Taiwan menjadi buta warna setelah terlalu sering menggunakan smartphone miliknya.

Cewek berusia 16 tahun tersebut dikabarkan menghabiskan lebih dari 10 jam untuk bermain smartphone saat liburan musim panasnya.

Baca Juga: Lagi Rame Aplikasi Gradient, Keamanan Privasinya Kembali Dipertanyakan

Menurut Asia One, Dr. Hung Chi-ting mengatakan bahwa paparan terus menerus cahaya biru dari layar smartphonea menyebabkan sel-sel mata cewek itu rusak, yang membuatnya mengalami "kebutaan warna merah-hijau."

Sang dokter juga menyampaikan kepada Mandarin Liberty Times bahwa ini adalah "kasus pertama [buta warna] di dunia" yang disebabkan oleh penggunaan smartphone yang berlebihan.

Untungnya, remaja yang bernama Liu itu langsung memulai perawatan medis untuk kondisinya pada tahap awal diagnosisnya dan telah pulih sepenuhnya dari kebutaan sementara.

Selain menghabiskan hampir setengah hari dengan smartphone miliknya, Liy mengatakan bahwa dia sering menggunakan teleponnya dalam tempat gelap selama liburan musim panas.

Baca Juga: 5 Contoh Etika Di Jepang yang Bikin Kamu Nggak Mau Pergi ke Sana

Liu mengaku dia baru mulai ke dokter pada bulan September ketika dia hampir menyebabkan kecelakaan di jalan ketika menyeberang karena nggak bisa membedakan warna lampu lalu lintas.

“Aku saat itu tak tahu lampunya merah. Seorang kerabat yang menarikku saat akan menyeberang jalan, bertanya kepadaku mengapa aku ceroboh menyeberang jalan saat lampu masih merah,” ujarnya.

Source : World of Buzz

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest