Follow Us

5 Contoh Etika Di Jepang yang Bikin Kamu Nggak Mau Pergi ke Sana

Dio Firdaus - Selasa, 22 Oktober 2019 | 19:15
Jepang
Brightside

Jepang

Hai-online.com - Banyak orang yang punya impian untuk pergi ke Jepang karena keindahan dan sejuta kejutan yang ada di Negeri Matahari Terbit itu.

Selain keindahannya, Jepang juga dikenal dengan negara paling sopan. Orang-orangnya pun dikenal punya etika yang tinggi. Tapi tau nggak sih sob, saking kompleksnya etika di sana, mungkin kamu jadi mager untuk ke sana.

HAI punya contohnya nih beberapa etika yang harus kamu lakukan kalau kamu di Jepang.

Bertukar kartu nama

ilustrasi bertukar kartu nama
iStockphoto

ilustrasi bertukar kartu nama

Di Jepang, untuk bertukar kartu nama ada ritualnya sendiri sob. Ini nih yang harus diperhatikan:

1. Pastikan bagian depan kartu namamu menghadap rekan yang ingin kamu berikan2. Berikan dengan kedua tangan3. Jika pangkatmu lebih rendah dengan rekanmu, berikan dengan tangan di bawah 4. Jika kamu memberika kartu bisnis, letakan di cardholder dan lihatlah beberapa detik kartu namamu5. Jangan lupa untuk membungkuk6. Kalau nggak punya cardholder. Auto kelar sob!

Etika di kereta bawah tanah

Ilustrasi subway di Jepang
iStock Editorial

Ilustrasi subway di Jepang

Di kereta bawah tanah, ada peraturan yang harus diikuti semua orang: nggak boleh berbicara dan melihat orang dianggap nggak sopan.

Satu lagi, kamu nggak boleh menempati tempat duduk dengan tanda tertentu: Disabilitas, orang tua, orang yang hamil dan yang membawa anak. Sebenarnya kita -Indonesia, juga menerapkan hal ini, namun masih aja diduduki orang yang nggak berhak.

Source : bright side

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest