Follow Us

Jangan Lupa Cek Tanggalnya Dulu, Ini Bahaya Minum Obat Kedaluwarsa

Bayu Galih Permana - Selasa, 22 Oktober 2019 | 11:30
Ilustrasi obat
PIXABAY/QIMONO

Ilustrasi obat

HAI-Online.com - Sama seperti makanan ataupun minuman, obat-obatan yang telah melewati tanggal kedaluwarsa ternyata bisa menyebabkan masalah kesehatan, bahkan membuat penyakit dalam tubuh menjadi lebih berbahaya.

Seperti yang dilansir HAI dari Kompas.com, bahaya dari mengonsumsi obat-obatan kadaluwarsa sendiri muncul karena adanya perubahan komposisi kimia di dalamnya.

Menurut Wakil Direktur Office of Compliance di FDA’s Center for Drug Evaluation and Research, Ilisa Bernstein, obat kedaluwarsa berisiko menjadi tempat bertumbuhnya bakteri.

Selain itu, obat jenis antibiotik mungkin dapat gagal mengobati infeksi ketika dikonsumsi setelah lewat tanggal kedaluwarsa, bahkan menyebabkan resistensi antibiotik dan memicu kemunculan penyakit-penyakit yang lebih serius.

Baca Juga: Dikira Alami Depresi karena Gambar Buatannya , Penjelasan Murid Ini Malah Bikin Sang Guru Ketawa

"Setelah tanggal kedaluwarsa telah berlalu, nggak ada jaminan bahwa obat tersebut akan aman dan efektif. Apabila obat telah melewati tanggal kedaluwarsa, jangan pernah mengonsumsinya lagi," terang Bernstein.

Ilustrasi obat-obatan
PIXABAY/PEXELS

Ilustrasi obat-obatan

Fyi, sejak undang-undang disahkan pada tahun 1979, produsen obat-obatan diharuskan untuk mencamtumkan tanggal kedaluwarsa pada produk mereka untuk menjamin potensi maksimal serta keamanan obat.

"Tanggal kedaluwarsa adalah bagian penting untuk mengetahui apakah produk tersebut aman untuk digunakan dan akan bekerja sebagaimana yang dimaksud," jelasnya menambahkan.

Apabila memiliki obat-obatan yang sudah melewati tanggal kedaluwarsa, orang-orang disarankan untuk menghancurkannya terlebih dahulu sebelum membuangnya ke tempat sampah agar nggak dimanfaatkan oleh oknum-oknum nakal.

Jadi, mulai sekarang jangan lupa buat ngecek tanggal kedaluwarsa obat yang kalian minum ya sob kalau nggak mau terkena penyakit lebih serius. (*)

Source : Kompas.com

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest