Follow Us

Sering Dilakukan, Kebiasaan Menggerus Obat sebelum Diminum Bisa Sebabkan Overdosis

Bayu Galih Permana - Kamis, 05 September 2019 | 15:30
Ilustrasi obat
PIXABAY/QIMONO

Ilustrasi obat

HAI-Online.com - Ketika mengalami kesulitan untuk menelan, selama ini kebanyakan orang lebih memilih untuk menggerus obat atau melarutkannya dalam air, baik untuk jenis tablet maupun kapsul supaya lebih mudah untuk diminum.

Padahal kebiasaan menggerus atau melarutkan obat seperti yang sering dilakukan selama ini bisa berakibat fatal, bahkan menyebabkan pengonsumsi mengalami overdosis.

Fakta ini sendiri terungkap lewat pernyataan seorang apoteker sekaligus pemilik salah satu apotek di Jawa Tengah, Uswatun Nurul Falah, S. Farm., Apt, di mana beberapa jenis obat harus diminum dalam keadaan utuh.

Seperti yang dilansir HAI dari Kompas.com, Nurul mengatakan bahwa obat-obat dengan lapisan film atau coat harus dikonsumsi secara utuh, tanpa dihancurkan ataupun dilarutkan.

Baca Juga: Remaja Hampir Alami Kebutaan Gara-gara Roti dan Kentang Goreng

“Bentuknya licin, semacam dilapisi film atau coat. Kami menyebutnya tablet salut selaput,” terang Nurul ketika dimintai keterangan pada Rabu (4/9) kemarin.

Apabila mengalami kesulitan dalam menelan, Nurul pun menyarankan orang-orang untuk meminta obat jenis lain yang memungkinkan untuk dikonsumsi karena jika nekat digerus, dilarutkan, atau dikunyah bisa menimbulkan efek berbahaya.

Sebagai contoh, obat yang termasuk Modified Release dirancang untuk dilepaskan dalam jangka waktu yang lama, sehingga saat digerus, akan menimbulkan gangguan lapisan pelepasan yang dimodifikasi dan menyebabkan overdosis.

Sementara itu, obat enteric coated atau obat salut enterik nantinya akan menyebabkan iritasi dan kerusakan lambung apabila nekat digerus karena jenis satu ini memang sengaja didesain untuk dilepaskan di dalam perut.

Berikut daftar keterangan yang menunjukkan bahwa obat nggak boleh digerus, dibuka kapsulnya, maupun dikunyah menurut Rosemont Pharma.

  • CR/Chrono (Controlled Release)
  • CRT (Controlled Release)
  • EC/EN (Enteric Coated)
  • LA (Long Acting)
  • MR/Retard (Modified Release)
  • SA (Sustained Action)
  • SR/Dur/Dural (Sustained Release)
  • XL (Extended Release)
Jadi kalau kalian memang mengalami kesulitan dalam menelan obat-obat jenis tablet atau kapsul, lebih baik minta yang dalam bentuk sirup supaya lebih nyaman dan mudah ditelan. (*)

Source : Kompas.com

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest