Follow Us

Dilarang dalam 40 Tahun Terakhir, Kemenangan 14 Gol Tanpa Balas Warnai Kembalinya Suporter Cewek Iran di Stadion

Bayu Galih Permana - Jumat, 11 Oktober 2019 | 12:15
Suporter cewek Iran
via Al Jazeera

Suporter cewek Iran

HAI-Online.com - Tuan rumah Iran berhasil memetik kemenangan 14 gol tanpa balas atas sang tamu, Kamboja dalam laga lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia yang digelar di Stadion Azadi pada Kamis (10/10) kemarin.

Ke-14 gol itu sendiri berhasil dicetak oleh tujuh pemain berbeda, di antaranya Ahmad Nourollahi (5'), Sardar Azmoun (11',35',44'), Hossein Kanaanizadegan (18'), Mehdi Taremi (22',54'), Karim Ansarifard (40',48',60',88'), Mohammad Mohebi (65','67') dan Mehrdad Mohammadi (85').

Nggak cuma memberi tiga poin aja, kemenangan ini terasa spesial karena pada pertandingan itu para suporter cewek di Iran akhirnya diizinkan pemerintah setempat untuk menonton langsung laga di stadion setelah sebelumnya sempat dilarang dalam 40 tahun terakhir.

Dilansir dari The Guardian, suporter cewek di Iran dilaporkan mendapatkan jatah sebanyak 3.500 lembar tiket dari kapasitas total kursi Stadion Azadi yang mampu menampung sebanyak 78.000 penonton.

Baca Juga: Pensiun dari Sepak Bola, Petr Cech Bergabung dengan Tim Hoki Es

Menurut keterangan Kepala Pendidikan dan Tanggung Jawab Sosial FIFA, Joyce Cook, kebijakan memperbolehkan suporter cewek Iran menonton langsung di stadion nggak hanya berlaku pada pertandingan kemarin aja, tapi juga laga lainnya.

"Kami benar-benar fokus untuk memastikan bahwa perempuan dapat menghadiri pertandingan pada 10 Oktober dan pertandingan lokal," terang Cook.

Sementara itu, atlet karate asal Iran, Hamideh Abbasali mengaku nggak menyangka bisa datang langsung ke stadion untuk memberikan dukungan secara langsung kepada para pemain, namun merasa senang karena kesempatan tersebut akhirnya terjadi.

"Aku nggak nyangka kami (suporter cewek) dapat datang langsung ke stadion, namun aku senang karena itu terjadi sekarang," ujarnya.

Dengan kemenangan ini, Iran sendiri berhasil menduduki puncak klasemen sementara Grup C Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia, unggul dua poin dari pesaing terdekatnya, Irak dan juga Bahrain. (*)

Source : The Guardian

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest