Follow Us

Awas, Ternyata Ada Bahaya di Balik Penggunaan Tisu Toilet Setelah BAB

Bayu Galih Permana - Selasa, 08 Oktober 2019 | 12:00
Ilustrasi tisu toilet
PIXABAY/STOCKSNAP

Ilustrasi tisu toilet

HAI-Online.com - Setelah buang air besar, kalian lebih suka membersihkan kotoran yang tersisa di sekitar anus dengan menggunakan air atau tisu? Kalau jawabannya tisu, sebaiknya kebiasaan tersebut mulai kalian hilangkan deh sob.

Dilansir dari Mirror, penggunaan tisu, khususnya kering, untuk membersihkan anus setelah pup ternyata nggak benar-benar membuatnya bersih dari sisa-sisa kotoran yang menempel, bahkan malah bisa melebar ke area sekitarnya.

Menurut penulis buku The Big Necessity: The Unmentionable World of Human Waste and Why It Matters, Rose George, banyak orang yang selama ini berjalan dengan kondisi anus masih kotor, tetapi nggak sadar karena telah menganggap semuanya bersih berkat tisu.

“Tisu toilet cuma memindahkan kotoran, bukan membersihkan. Kalian nggak mungkin mandi menggunakan handuk kering kan? Mengapa bisa berpikir tisu kering toilet membersihkanmu?" ujar George.

Baca Juga: Jangan Asal Ngasih, Susu Sapi Ternyata Bisa Bikin Kucing Peliharaan Alami Gangguan Kesehatan

Nggak cuma itu aja, kebiasaan menggunakan tisu kering untuk mengelap anus sesusai BAB juga dapat menyebabkan berbagai macam masalah kesehatan jika dilakukan secara berkepanjangan, di antaranya wasir dan infeksi saluran kemih (bagi perempuan).

Ilustrasi bidet
via Inverse

Ilustrasi bidet

Untuk menghindari masalah tersebut, ada sejumlah opsi yang jauh lebih baik dibanding memakai tisu kering, salah satunya penggunaan air yang muncul dari dalam kloset dengan tekanan tertentu sehingga dapat membersihkan area anus seusai buang air besar.

Selain itu, penggunaan tisu basah dinilai juga bisa menjadi solusi saat toilet yang mereka gunakan nggak dilengkapi dengan bidet.

Hmm, kalau kalian sendiri gimana sob? Selama ini lebih suka pakai air atau cuma tisu kering aja buat bersihin kotoran di anus seusai buang air besar? (*)

Source : Mirror

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest