Follow Us

Jangan Asal Ngasih, Susu Sapi Ternyata Bisa Bikin Kucing Peliharaan Alami Gangguan Kesehatan

Bayu Galih Permana - Senin, 07 Oktober 2019 | 19:15
Ilustrasi kucing
PIXABAY/HELGAKA

Ilustrasi kucing

HAI-Online.com - Siapa di antara kalian yang selama ini suka memberi kucing peliharaan susu sapi? Kalau kamu salah satunya, kebiasaan tersebut harus dihilangkan dari sekarang karena bisa memberikan dampak buruk bagi kesehatan si kucing.

Menurut ahli kesehatan hewan, Gary Richter, nggak semua kucing dapat mencerna gula susu atau lebih sering disebut laktosa, mengingat hewan lucu ini hanya bisa mencerna senyawa itu dengan baik pada tahun-tahun awal kehidupan ataupun saat mereka baru lahir.

"Meskipun beberapa kucing dapat mentolerir susu dan sepertinya menikmatinya, susu sapi nggak baik untuk kucing. Kucing nggak butuh susu karena potensi masalah yang ditimbulkan akan lebih besar daripada manfaatnya," ujar Richter seperti dikutip HAI dari Reader's Diggest.

Ketika tumbuh dewasa, tubuh kucing akan memproduksi enzim laktase, yang akan menyebabkan komplikasi pencernaan apabila mereka terus mengonsumsi susu sapi.

Baca Juga: Penyanyi Sia Idap Penyakit Langka, Ehlers-Danlos Syndrome, Ini Pengakuannya!

"Saat kucing meminum susu, laktosa yang masuk nggak akan tercerna dan tetap berada pada usus mereka sebelum akhirnya berfermentasi," terangnya menambahkan, sambil menjelaskan bahwa hal tersebut menyebabkan gangguan pencernaan pada kucing.

Nggak cuma mengalami gangguan pencernaan, nggak adanya enzim untuk mencerna laktosa juga akan menyebabkan beragam masalah kesehatan bagi si kucing seperti muntah, kehilangan nafsu makan yang kemudian berpengaruh pada berat badan, hingga perubahan perilaku.

Ilustrasi susu sapi
PIXABAY/COULEUR

Ilustrasi susu sapi

Untuk menghindari masalah tersebut, pemilik kucing pun disarankan untuk memberikan makanan basah kalengan untuk peliharaan mereka mengingat hewan satu ini kurang memiliki ketertarikan pada air putih.

"Air sangat penting untuk mengoptimalkan fungsi organ pada kucing. Cara memastikan kucing mendapat cukup air adalah dengan memberinya makan makanan kaleng basah," jelas Manajer Nutrisi dan Regulasi dari Solid Gold Pet, Leasa Greer.

Gimana sob, sekarang udah paham kan? Maka dari itu, usahakan kucing kalian mengonsumsi air putih yang cukup ya dan jangan diberi susu sapi karena bisa membuat pencernaan mereka jadi terganggu, oke? (*)

Source : Reader's Digest

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

Latest