Follow Us

Merasa Pengap di Dalam Pesawat, Penumpang Nekat Buka Pintu Darurat

Bayu Galih Permana - Senin, 30 September 2019 | 15:21
Ilustrasi pesawat terbang
Pixabay/Free-Photos

Ilustrasi pesawat terbang

HAI-Online.com - Merasa pengap karena mesin pendingin udara dalam pesawat belum bekerja secara maksimal, seorang penumpang cewek asal China nekat membuka pintu darurat beberapa saat sebelum kapal terbang yang dia tumpangi take off.

Seperti yang dilansir HAI dari World of Buzz, kejadian ini bermula saat cewek yang nggak disebut namanya tersebut ingin mencari udara segar karena merasa pengap ketika menunggu pesawat maskapai Xiamen Airlines yang ditumpanginya mengudara.

Merasa nggak tahan dengan kondisi tersebut, cewek tersebut kemudian memilih untuk membuka pintu darurat pesawat yang berada di sebelah kursi tempat dia duduk.

Baca Juga: Duh, Makam Habibie Dijadiin Tempat Selfie, Anggun C. Sasmi Greget Mau Edukasi Generasi Selfie!

Menurut laporan China Press, tindakan cewek tersebut mengakibatkan penerbangan yang dia ditumpangi harus mengalami penundaan hingga satu jam penuh.

Pintu darurat pesawat Xiamen Airlines yang dibuka oleh penumpang karena merasa pengap.
China Press

Pintu darurat pesawat Xiamen Airlines yang dibuka oleh penumpang karena merasa pengap.

Baca Juga: Penggunaan Video di Twitter Lagi Meningkat, Lebih Efektif dasri 140 Karakter

Sebelumnya, kejadian serupa sempat terjadi pada penerbangan pesawat Pakistan International Airlines (PIA) PK702 dari Bandara Manchester menuju Islamabad yang mengalami penundaan karena salah seorang penumpang secara nggak sengaja membuka pintu darurat pada Juni lalu.

Mengakibatkan penerbangan harus mengalami penundaan hingga delapan jam, kejadian tersebut bermula ketika penumpang yang bersangkutan hendak pergi ke toilet di dalam pesawat.

Dikira sebagai pintu toilet, penumpang tersebut malah menarik tuas pintu darurat pesawat yang letaknya memang berada dekat kamar kecil, sehingga membuat seluncuran darurat menjadi aktif.

"Seorang penumpang keliru membuka pintu darurat dan menyebabkan seluncuran darurat jadi aktif," tulis Pakistan International Airlines dalam pernyataan resmi.

Akibat kejadian tersebut, PIA memilih untuk menunda penerbangan malam itu, dan memutuskan untuk memberikan fasilitas pengganti seperti makan, sarana transportasi, serta hotel, sebelum akhirnya diberangkatkan pada Sabtu pagi (8/6).

Waduh, ada-ada aja ya sob! Untung aja pintunya kebuka sebelum lepas landas. Semoga insiden ini menjadi pelajaran bagi kita semua ya. (*)

Source : World of Buzz

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

Latest