HAI-Online.com -Selama ini, banyak orang mengira kalau lubang-lubang yang ada di piringan cakram sepeda motorsebagai tempat menaruh gembok, sehingga mempersulit langkah pelaku kejahatan untuk mencuri kendaraan mereka.
Emang sih lubang tersebut bisa sebagai tempat gembok sehingga mempersulit pelaku kejahatan mencuri motor, namun fungsi utamanya sendiri ternyata adalah untuk mengurangi hawa panas yang disebabkan oleh gesekan kampas rem.
Fakta ini sendiri terungkap melalui keterangan GM Aftersales dari PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing, M. Abidin yang mengatakan bahwa lubang tersebut sengaja dibuat sebagai penghalau panas pada piringan cakram.
"Lubang-lubang pada piringan cakram berfungsi menghalau panas. Gesekan darikampas rem menyebabkan panas yang bisa diredam dengan lubang-lubang tersebut," ujar Abidin seperti dikutip HAI dari GridOto.com.
Baca Juga: Sering Dipakai Pembonceng Buat Pegangan, Ternyata Ini Lho Fungsi Behel Motor yang Sebenarnya
Hal serupa disampaikan oleh Slamet Pamuji dari Selta Motor, yang menjelaskan bahwa lubang pada piringan cakram bekerja seperti layaknya ventilasi udara.
"Fungsi lubang pada cakram sebenarnya di desain bukan untuk menaruh gembok, tetapi sebagai pelepaas panas dari gesekan dengan kampas saat rem digunakan.Ibaratnya seperti ventilasi saja, makin banyak lubangnya makin cepat membuat panasnya," ucap Slamet.
Maka dari itu, Slamet menyarankan untuk nggak melakukan modifikasi piringan cakram secara sembarangan karena lubang-lubang tersebut dibuat sudah melalui pengetesan pabrik.
"Biasanya sudah dilakukan pengetesan di pabrik, jadi jangan dimodifikasi sembarangan seperti menambah lubang," tutup Slamet.
Jadi gimana sob, sekarang udah tahu kan fungsinya? Makanya jangan dibikin aneh-aneh atau malah ditambahin lubangnya karena bisa membahayakan nyawa kalian sendiri nantinya. (*)