Follow Us

Mozilla Luncurkan VPN yang Diklaim Lebih Aman dan Gratis!

Dio Firdaus - Jumat, 13 September 2019 | 13:00
Firefox Private Network
Mozilla

Firefox Private Network

Hai-online.com- Mozilla Firefox baru-baru ini mengumumkan sebuah fitur baru yang ditambahkan di pada browser mereka yaitu Virtual Private Network (VPN) gratis yang diberi nama Firefox Private Network.

Mozilla sendiri mengkalim kalau VPN ini lebih aman dan akan melindungi penelusuran web dengan enkripsi. VPN ini sendiri berbasis Firefox yang artinya, hanya akan melindungi browser itu saja.

Kamu pun hanya bisa memanfaatkannya ketika mengakses Firefox dengan koneksi Wi-Fi publik dengan mengunduh melalui laman resminya.

Setelah terpasang, nantinya akan muncul ikon kecil di toolbar yang bisa digunakan untuk mengaktifkan dan menon-aktifkan VPN.

Menurut laporan The Verge, ketika mereka menggunakan VPN ini, kecepatan unduh berkurang 17Mbps ketika VPN diaktifkan.

Baca Juga: Pocari Sweat Cari Anak SMA yang Berani Unjuk Bakat. Hadiahnya Jadi Bintang Iklan!

Tampilan Firefox Private Network
The Verge

Tampilan Firefox Private Network

Kalau kamu belum tau kenapa hal ini bisa terjadi. VPN sejatinya bekerja dengan mengubah alamat IP pengguna dengan memindahkannya ke wilayah lain.

Nah, karena pindahnya alamat IP kita, koneksi yang kita dapatkan pun sesuai dengan lokasi tersebut. Jika lokasi yang dipindahkan punya koneksi yang jelek, alhasil kita pun akan merasakan koneksi yang lambat pula.

Tapi VPN milik Firefox ini hanya memindahkan alamat IP ke wilayah yang dekat dengan alamt aslinya. Sehingga, iklan lokal masih berpeluang menyusup.

Mozilla mengatakan, Firefox Private Network ini akan gratis untuk waktu tertentu saja. Artinya, sebentar lagi akan dikenakan biaya.

Terlebih lagi, VPN besutan Mozilla ini pun masih dalam tahap beta dan terbatas untuk pengguna Firefox di Amerika Serikat saja. Jadi, ada kemungkinan ketika masuk Indonesia, atau disebar secara global. Sudah berbayar.

Source : kompas

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest