Follow Us

Kudu Berhati-Hati, Ini Dia 11 Ancaman dari Ransomware Berbahaya

Dio Firdaus - Jumat, 30 Agustus 2019 | 09:20
Young Asian male frustrated, confused and headache by ransomware attack on desktop screen, notebook and smartphone, cyber attack and internet security concepts
iStockphoto

Young Asian male frustrated, confused and headache by ransomware attack on desktop screen, notebook and smartphone, cyber attack and internet security concepts

HAI-online.com- Semakin majunya teknologi digital, semakin banyak juga ancaman dari penjahat yang makin pintar juga. Nggak sedikit cara yang dilakukan para penjahat ini untuk menembus pertahanan pengguna dan mencoba mencuri data.

McAfee, perusahaan keamanan siber dari perangkat-ke-cloud, hari ini merilis McAfee Labs Threats Report: August 2019.

Laporan ini merinci aktivitas kejahatan dan evolusi ancaman di dunia maya pada kuartal pertama 2019.

Baca Juga: Disney Bakal Rilis Kembali Game Klasik 'Aladdin' dan 'The Lion King'

McAfee Labs menghitung dalam rata-rata ada 504 ancaman baru setiap menit, di kuartal pertama tahun 2019, bersama dengan muncul kembalinya ransomware dan perubahan dalam proses eksekusi dan pemrograman.

Lebih dari 2.2 miliar akun curian tersimpan dan dapat ditemukan di cybercriminal underground selama kuartal ini.

Sebanyak 68 persen dari serangan yang direncanakan ini, menggunakan teknik spearphishing untuk mendapatkan akses awal, dan 77% mengandalkan interaksi dengan user untuk proses eksekusi serangan.

“Dampak dari ancaman-ancaman ini sangat nyata. Bahkan angka-angka ini hanya mengungkapkan sebagian kecil dari kenyataan yang terjadi sebenarnya,” kata Raj Samani, rekan dan kepala ilmuwan McAfee.

Setiap infeksi atau serangan merupakan sebuah kemungkinan padamnya sebuah bisnis, atau konsumen yang menghadapi penipuan bersifat masiv.

Padahal ada kerugian sumber daya manusia yang terjadi untuk setiap serangan yang berhasil.

Setiap kuartal, McAfee melakukan penilaian terhadap lanskap ancaman dunia maya berdasarkan penelitian mendalam, analisis investigasi, dan data ancaman yang dikumpulkan oleh McAfee Global Threat Intelligence cloud dari lebih dari satu miliar sensor di beberapa vektor ancaman di seluruh dunia.

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

Latest