Follow Us

4 Dampak Buruk yang Bisa Terjadi Jika Hutan Amazon Terus Terbakar

Ricky Nugraha - Jumat, 23 Agustus 2019 | 17:50
Kebakaran hutan Amazon

Kebakaran hutan Amazon

HAI-online.com - Masyarakat dunia belakangan ini sedang dihebohkan dengan terbakarnya hutan Amazon yang merupakan salah satu hutan terbesar di dunia.

Hutan Amazon yang merupakan rumah bagi tiga juta spesies hewan dan tumbuhan serta satu juta suku tersebut, kini tengah mengalami kebakaran terburuk yang pernah terjadi sepanjang sejarahnya.

Lembaga Nasional untuk Penelitian Luar Angkasa (INPE) mengatakan bahwa data satelit menunjukkan peningkatan 84 persen dari periode yang sama di tahun 2018.

Banyak masyarakat pun kini khawatir tentang konsekuensi kebakaran hutan hujan Amazon. Berikut 4 dampak buruk yang bisa terjadi jika kebakaran tersebut terus berlanjut:

Baca Juga: Setelah Area 51, Kini Muncul Ajakan untuk Serbu Segitiga Bermuda

1. 20% pasokan oksigen dunia hilang

Hutan Amazon merupakan hutan tropis terbesar di dunia yang menyediakan 20 persen pasokan oksigen Bumi. Bayangkan jika hutan tersebut terbakar habis, tentu umat manusia akan kehilangan salah satu pemasok oksigen terbesarnya.

Setelah terbakar, hutan tropis nantinya bisa berubah menjadi sabana. Ini berarti kapasitasnya untuk menyerap karbon akan sangat berkurang dan dapat berakibat buruk bagi seluruh planet ini.

Baca Juga: Playfest 2019 Punya 7 Atraksi Seru yang Wajib Dikunjungi, Mainkan!

2. Perubahan iklim

Source : Intisari Online, Express, Daily Mirror

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest