Follow Us

Kocak! Rambu Digital di Makassar Kena Hack, Isinya Curhat Cinta Ditolak

Ricky Nugraha - Jumat, 09 Agustus 2019 | 21:10
Rambu digital di Makassar kena hack
Instagram/makassar__info

Rambu digital di Makassar kena hack

HAI-online.com - Lampu lalu lintas di sejumlah lokasi memang biasanya dipasangi rambu digital yang gunanya untuk menyampaikan informasi seputar berkendara, lalu lintas, maupun suhu udara.

Namun pada beberapa kasus, ada saja orang yang memanfaatkan rambu digital tersebut untuk melakukan hal-hal iseng. Seperti yang terjadi di Makassar baru-baru ini.

Rambu digital di belokan Jalan DR Sam Ratulangi menuju Jalan Kasuari yang biasanya berisi tulisan berjalan “Berhati-hati dalam berkendara di jalanan”, diduga telah diretas oleh orang tak dikenal.

Peretas atau hacker iseng tersebut kemudian mengganti tulisan yang ada di rambu informasi digital tersebut dengan tulisan panjang yang isinya berupa curahan hati karena cinta ditolak.

Baca Juga: Kelaparan, Bocah 5 Tahun Ini Telepon 911 untuk Memesan Pizza

Isinya: "Dear Kepala Sekolah SMA 3 yang terhormat, gua ingin curhat Pak. Jadi kemarin w suka sama salah satu siswa SMA 3 depan sekolah Bapak, tapi w ditolak Pak. Tolong bantu saya biar diterima, namanya Andi Fahranika."

Tulisan kocak itu pun menarik perhatian pengguna jalan dan berhasil diabadikan lewat video yang kemudian diunggah di berbagai media sosial. Salah satunya diunggah oleh akun @makassar__info.

Kepala Bidang Informasi Teknologi Dinas Komunikasi dan Informatika Pemerintah Kota Makassar Deny mengatakan, informasi rambu lalu lintas yang terpasang di jalan raya merupakan kewenangan dari Dinas Perhubungan Kota Makassar.

Menurut Deny, sistem informasi yang dipasang di rambu lalu lintas bukan menggunakan sistem online.

Baca Juga: 5 Fakta Enzo Zenz Allie, Remaja Keturunan Prancis yang Lolos Taruna Akmil

Dengan begitu, pelaku peretas harus memanjat dan mengatur kalimat yang ingin ditampilkan dengan menggunakan perangkat penyimpan data digital atau flashdisk.

Source : Kompas.com

Editor : Hai

Baca Lainnya





PROMOTED CONTENT

Latest