Follow Us

Bisa Bikin Motor Bermasalah, Begini Cara Mudah Bedakan Busi Motor Asli dan Palsu

Bayu Galih Permana - Selasa, 23 Juli 2019 | 05:25
Ilustrasi busi
YouTube/hoohoohoblin

Ilustrasi busi

HAI-Online.com - Seperti yang kita tahu, busi merupakan salah satu komponen paling penting yang ada pada kendaraan, khususnya sepeda motor karena mempunyai peranan mengalirkan energi listrik pengubah bahan bakar menjadi penggerak mesin.

Pentingnya peranan komponen satu ini bagi kendaraan itu pun kemudian dimanfaatkan oleh para produsen nakal untuk meraup untung sebanyak-banyaknya dengan membuat busi palsu.

Seperti yang dilansir HAI dari GridOto.com, pemakaian busi palsu pada kendaraan nantinya bisa membuat mesin motor menjadi bermasalah karena usia pakainya yang nggak sepanjang produk asli.

Berikut sejumlah cara yang bisa diperhatikan untuk membedakan busi motor asli dengan palsu.

Baca Juga: Pamer Sneakers Converse Hasil Daur Ulang, Menteri Susi Ogah Nyampah Sembarangan

1. Dijual dengan Setengah Harga

Cara yang paling mudah untuk menghindari busi motor palsu adalah dari harganya, jadi konsumen sebaiknya melakukan pengecekan harga pasaran terlebih dahulu sebelum membeli di toko, apalagi kalau dijual cuma setengah harga.

"Biasanya busi dikatalog Rp 120 ribu, dijual cuma Rp 60 sampai 80 ribu," terang Diko Oktaviano yang merupakan Technical Support Product Specialist dari PT NGK Busi Indonesia.

2. Perhatikan Kode Produksi

Busi motor palsu biasanya nggak ada kode produksi
GRIDOTO.COM/ISAL

Busi motor palsu biasanya nggak ada kode produksi

Lebih lanjut, Diko menjelaskan bahwa busi motor yang palsu biasanya selama ini nggak pernah mencantumkan kode produksi pada produk.

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest