Follow Us

Gerhana Bulan Besok Malam Bakal Terlihat Dua Planet di Angkasa

HAI Internship - Selasa, 16 Juli 2019 | 17:40
Ilustrasi Gerhana Bulan

Ilustrasi Gerhana Bulan

HAI-ONLINE.COM - Siap-siap nih buat kalian yang nggak mau kehilangan momen untuk melihat fenomena gerhana Bulan terakhir di tahun 2019 ini.

Gerhana Bulan bakal berlangsung dini hari waktu Indonesia dengan durasi 2 jam 58 menit. Gerhana Bulan ini merupakan gerhana Bulan terakhir, sampai pada tahun 2021 nanti.

Baca Juga: Finally, Asus Pastikan ROG Phone 2 Bakal Meluncur Pada Bulan Ini

Untuk Asia Tenggara, termasuk Indonesia, kita bisa mengamati fenomena gerhana Bulan sebagian ini, tapi sayangnya bakal berbeda dan nggak sempurna.

Kondisi itu disebabkan karena Bulan akan tenggelam, di saat matahari mulai terbit.

Sedangkan Amerika Selatan, Eropa, Afrika, Asia dan Australia, di sana orang-orang dapat mengamati gerhana Bulan sebagian dengan sempurna.

Baca Juga: Dark Phoenix Nggak Bisa Jadi Penutup X-Men yang Sempurna Karena Standarnya Tinggi!

Dikutip melalui Kompas.com, Marufin Sudibyo mengatakan bahwa saat gerhana Bulan nanti bakal ada obyek menarik, yang menonjol di langit selain Bulan.

"Pada saat gerhana ada Yupiter dan Saturnus. Kedua planet ini seakan mengapit Bulan," ujarnya.

Baca Juga: Wih, Malam Ini Kamu Bisa Melihat Planet Saturnus Pakai Mata Telanjang

Fakta menariknya, gerhana Bulan sebagian pada 17 Juli ini bertepatan dengan peringatan 50 tahun peluncuran roket Apollo 11 misi Nasa yang mendaratkan manusia di Bulan.

Nah untuk kalian yang mau melihat gerhana Bulan nanti, fenomena ini dimulai dari jam 03.01 WIB, sampai pada puncaknya di jam 04.30 WIB, dan lalu berakhir pada jam 06.00 WIB.

Penulis: Nada Aprillia

Source : Kompas.com

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

Latest