Follow Us

Wih, Malam Ini Kamu Bisa Melihat Planet Saturnus Pakai Mata Telanjang

Dio Firdaus - Rabu, 10 Juli 2019 | 16:55
ilustrasi pemandangan langit malam pada Rabu (10/7/2019). Saturnus akan tampak di timur saat senja dengan magnitudo 0,05.
Stellarium

ilustrasi pemandangan langit malam pada Rabu (10/7/2019). Saturnus akan tampak di timur saat senja dengan magnitudo 0,05.

HAI-online.com- Sob, ada kesempatan langka nih yang bakal terjadi malam ini. Planet Saturnus malam ini berpontensi telrihat dari bumi hingga Kamis (11/7) dini hari.

Planet itu akan mengalami oposisi dengan Bumi, yang artinya Bumi dan Saturnus mencapai jarak terdekat satu sama lain karena orbit elipsnya. Senja ini, planet tersebut akan mencapai jarak 1,351 miliar kilometer dari bumi.

Menurut Kompas.com, planet bercincin itu akan memilii magnitudo 0,05. Yang di mana, semakin kcil magnitudonya, makin terang benda langit dari sudut pandang manusia.

Baca Juga: 6 Agustus Nanti Kita Bisa Lihat Mars dan Saturnus dengan Mata Telanjang! Syaratnya cuma satu..

Dengan magnito tersebut, meski jaraknya jauh abis, planet terbesar kedua di tata surya ini bisa kita lihat dengan mata telanjang.

Eh tapi jangan berespektasi kamu bisa lihat dengan jelas bentuk Saturnus nanti malam ya sob. Karena kata Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Thomas Djamaluddin, Saturnus hanya akan terlihat seperti bintang terang.

Jadi, mungkin bagi orang awam, menemukan Saturnus nanti malam bakalan susah. Ditambah lagi kalau semisalnya banyak awan malam nanti. Udah deh, auto nggak keliatan.

Kalau kamu melihat Saturnus lebih baik, Thomas menganjutkan untuk menggunakan teleskop. "Dengan teleskop, cincin Saturnus bisa terlihat" katanya kepada Kompas.com.

Kesempatan ini pun hanya berulang satu tahun sekali aja sob. Itupun magnitudonya berbeda-beda. Jadi kalau ada kesempatan, langsung aja deh liat! (*)

Source : kompas

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

Latest