Follow Us

Foto Hari Pertama Masuk Sekolah di Yogyakarta Pada Tahun 1673 Viral, Sejarawan: Niatnya Baik, tapi Ngawur

Bayu Galih Permana - Selasa, 16 Juli 2019 | 09:39
Foto hari pertama masuk sekolah di Yogyakarta pada tahun 1673 yang viral
DOK. ISTIMEWA VIA KOMPAS.COM

Foto hari pertama masuk sekolah di Yogyakarta pada tahun 1673 yang viral

HAI-Online.com - Untuk menyambut tahun ajaran 2019/2020 yang dimulai pada Senin kemarin (15/7), seorang pengguna Instagram dengan akun @ariesaptaji baru-baru ini membagikan foto bersejarah mengenai momen hari pertama masuk sekolah.

Dalam foto yang mendadak viral di media sosial tersebut, terlihat @ariesaptaji membagikan foto suasana hari pertama ajaran baru pada salah satu sekolah di kota Yogyakarta, yang diambil sekitar tahun 1673.

Pada keterangannya, @ariesaptaji menuliskan bahwa foto unik dan langka ini ditemukan dalam salah satu museum di kota Moskow, Rusia bernama Museum Pushkin.

Baca Juga: Rian dan Rai D'Masiv Ribut di Atas Panggung, Penyebabnya Ini!

"Suasana hari pertama masuk sekolah di Yogyakarta pada tahun 1673. Foto unik dan langka ini ditemukan di Museum Pushkin di Moskow, Rusia," tulis @ariesaptaji.

Foto hari pertama masuk sekolah di Yogyakarta pada tahun 1673 yang viral
DOK. ISTIMEWA VIA KOMPAS.COM

Foto hari pertama masuk sekolah di Yogyakarta pada tahun 1673 yang viral

Baca Juga: Aktris Captain Marvel Ini Dikabarkan Jadi Agen 007 Gantikan Daniel Craig

Menanggapi foto yang tengah viral di media sosial tersebut, sejarawan Peter Carey menegaskan bahwa teks dalam gambar yang dibagikan @ariesaptaji nggak sesuai dengan perkembangan zaman apabila dilihat dari beberapa faktor.

Dalam keterangan yang dikutip HAI dari Kompas.com, Peter menjelaskan teks tersebut nggak masuk akal karena teknologi fotografi baru ditemukan pertama kali di Prancis pada tahun 1826, sebelum akhirnya dikembangkan oleh Louis Daguerre.

Lebih lanjut, Peter menilai bahwa penampilan siswa yang mengikuti kegiatan belajar mengajar pada foto tersebut menggambarkan kondisi pada tahun 1950 hingga 1960-an, tepatnya ketika orde lama tengah berlangsung.

"Dari gaya potongan rambut dan cara berpakaian itu suasana Orde Lama, tahun 1950 sampai 1960-an,” terangnya.

Meskipun begitu, Peter sendiri menghargai orang yang mengunggah foto tersebut lewat akun media sosial, apalagi berhubungan dengan momen hari pertama kembalinya anak-anak ke sekolah usai libur panjang.

“Saya yakin dia punya niat baik sesuai konteks sejarah, tapi sebenarnya ngawur. Semua foto itu punya ciri-ciri yang khas,” tutup Peter.

Kalau hari pertama kalian di tahun ajaran baru ini gimana sob? Menyenangkan atau justru malah menegangkan? (*)

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

Latest