Follow Us

Sering Terjadi Pada Motor Matic, Begini Cara Mengatasi Gejala Gredek

Bayu Galih Permana - Kamis, 27 Juni 2019 | 18:30
Ilustrasi CVT
SETYO ADI/OTOMANIA

Ilustrasi CVT

HAI-Online.com - Bukan sebuah rahasia lagi, hampir seluruh pengendara motor matic pasti pernah mengalami gejala gredek, yang membuat tunggangan mereka bergetar saat angkatan pertama ataupun melakukan akselerasi pada kecepatan rendah.

Seperti yang dilansir HAI dari Gridoto.com, gejala gredek biasanya muncul pada motor matic karena adanya masalah pada komponen transmisi variabel kontinu atau lebih dikenal dengan sebutan CVT.

Menurut keterangan salah seorang Kepala Mekanik Takutic Motor, Pardiman, hal paling mendasar untuk mencegah ataupun mengatasi gejala gredek pada motor matic adalah melakukan servis CVT secara berkala.

"Hal paling mendasar adalah melakukan servis CVT secara berkala supaya kondisi komponen terus terpantau,” terang Kepala Mekanik Takutic Motor, Kebagusan, Jakarta Selatan tersebut.

Baca Juga: Jarang Orang Tahu, 4 Hal Ini Bikin Garansi Motor Baru Hangus

Lebih lanjut, Pardiman menjelaskan bahwa servis secara berkala ini sendiri wajib dilakukan guna membersihkan kotoran sekaligus sisa komponen yang terkikis di dalam CVT.

Selanjutnya, untuk mencegah terjadinya gejala gredek, pengendara diminta untuk menghilangkan kebiasaan menggenggam tuas rem belakang motor ketika berkendara karena bisa membuat CVT cepat kotor dan mengalami panas berlebih akibat geraknya yang tertahan.

"Kebiasaan menggenggam tuas rem belakang saat motor melaju jadi sebab cepat kotor dan ausnya komponen CVT,” tambah Pardiman.

Terakhir, pengendara bisa melakukan sedikit modifikasi dengan cara memberi beberapa lubang tambahan pada mangkok ganda supaya kotoran nggak tertahan pada bagian dalam CVT.

Modifikasi mangkok ganda
ISAL/GRIDOTO.COM

Modifikasi mangkok ganda

Intinya sob, jangan males buat meriksa kondisi kendaraan karena apabila ada kerusakan dan dibiarkan terus menerus, bisa-bisa malah berakibat fatal. Bener nggak? (*)

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest