Follow Us

Ada Banyak Planet Mirip Bumi, Tapi Berapa yang Bisa Ditinggali?

- Minggu, 19 Agustus 2018 | 11:15
Bumi

Bumi

HAI-ONLINE.COM - Menurut sebuah studi terbaru, Bumi “sangat normal” dan kemungkinan ada lebih banyak planet sepertinya di alam semesta, tanpa disadari. Dan mereka sedang menunggu untuk ditemukan.Penelitian ini jadi salah satu investigasi terbesar tentang bagaimana sistem planet lain terbentuk dan material apa yang digunakan. Juga melihat kemungkinan adanya planet-planet mirip Bumi di tempat lain di galaksi.Mencari planet seperti itu dan berusaha memahaminya, cukup sulit karena sinyal mereka biasanya ditenggelamkan oleh bintang-bintang yang ada di dekatnya.Oleh sebab itu, para peneliti mencari cara lain dan memeriksa komposisi planet-planet tersebut.“Blok bangunan yang kami lihat di sistem planet lain memiliki komposisi yang sama seperti Bumi,” kata Dr. Siyi Xu, peneliti dari Geminy Observatory di Hawaii.

Cek: 3 Penjahat Ini Akan Muncul di Spider-Man: Far From Home, Sinister Six?Hasil penelitian ini ditemukan setelah mengamati katai putih, bintang yang telah menyusut jadi sangat kecil dan padat.Ketika jadi sangat kecil, mereka menarik material lain dari objek lain yang berada di dekatnya. Ini memungkinkan peneliti untuk mengetahui dari apa planet-planet di sekelilingnya terbentuk.“Atmosfer katai putih terbentuk dari hidrogen atau helium sehingga bisa memberikan sinyal spektroskopi yang jelas dan bersih,” kata Dr. Xu.Selain itu, material lainnya juga mirip dengan pembentuk Bumi. “Artinya, elemen kimia, blok pembangun Bumi adalah hal biasa yang bisa ditemukan di sistem planet lain,” tutur Dr Xu.“Dari yang kami lihat, kehadiran dan proporsi elemen-elemen ini cukup normal. Membuat kami berharap dapat menemukan planet mirip Bumi di tempat lain di galaksi kita,” pungkasnya.

Artikel ini pertama kali tayang di National Geographic Indonesia dengan judul "Peneliti: Ada Banyak Planet Seperti Bumi di Alam Semesta "

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest