Follow Us

Kelakuan Lo Selama SMA Ternyata Bisa Memengaruhi Kesuksesan Karier Lho

Alvin Bahar - Selasa, 02 Juli 2019 | 21:00
Kelakuan Lo Selama SMA Ternyata Bisa Memengaruhi Kesuksesan Karier Lho

HAI-Online.com - Apa yang kita perbuat di masa lalu, pastinya punya dampak buat masa depan. Ya nggak? Hal itu senada sama riset dari Journal of Personality and Social Psychology ini. Menurut riset itu, perilaku kita saat SMA bisa berpengaruh buat pendapat dan karir kita di masa depan.

Faktanya, siswa yang nunjukin antusiasme dan tanggung jawab besar pada sekolahnya punya kesuksesan karir dan pendapatan yang lebih besar dibanding mereka yang selow alias santai selama sekolah.

Hasil riset ini berlaku buat 11-50 anak itu lulus SMA. Dilansir dari Kompas.com, fakta itu juga terlepas dari IQ, pendapatan orangtua siswa, dan EQ yang dimiliki. Selain itu juga ditemuin fakta, mereka yang punya masalah dalam membaca dan menulis punya kemampuan memprediksi pendapatan masa depan dan kesuksesan karir.

Temuan ini didasarkan pada analisis data dari 346.660 siswa SMA Amerika pada tahun 1960. Periset juga ngegabungin data tindak lanjut dari 81.912 siswa tersebut setelah 11 tahun dan 1.952 di antaranya setelah 50 tahun usai mereka lulus SMA.

Minat di sekolah dan tanggung jawab diukur dengan pertanyaan kepada siswa kayak apakah mereka perhatiin guru di kelas, ngerjain tugas dan semacamnya.

Baca Juga: Warga Panggil Petugas Karena Menemukan Mayat di Selokan, Pas Dicek Ternyata Cuma Numpang Tidur

"Karakteristik dan perilaku siswa dihargai di sekolah menengah dan menghasilkan pencapaian pendidikan yang lebih tinggi, yang pada gilirannya terkait dengan prestise dan pendapatan pekerjaan yang lebih besar di kemudian hari," kata Marion Spengler, ketua peneliti.

"Riset ini menyoroti kemungkinan bahwa perilaku tertentu pada periode krusial dapat konsekuensi jangka panjang untuk kehidupan seseorang," tambah Spengler.

Terus gimana dong soal peran orangtua?

Menurut Spengler ngasih kesempatan buat siswa-siswa ngembangin bakat dan belajar bertanggungjawab bisa jadi kunci anak-anak meraih kesuksesan. Hal ini berarti orangtua emang harus menjalin komunikasi dengan para guru buat tahu minat dan bakat anak-anak.

Selain itu, orang tua juga punya peran ngasih contoh tentang perilaku yang baik dalam keterampilan hidup yang harus dimiliki untuk mengejar impiannya. Dengan jalan ini, anak-anak mereka bisa meraih keunggulan baik dalam hal perilaku dan akademik.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com, dengan judul artikel "Perilaku Masa SMA Pengaruhi Kesuksesan Karir"

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest