Follow Us

Gratis! Intel Hadirkan Aplikasi yang Bisa Bikin Kinerja Prosesor Makin Ngebut dengan Sekali Klik

Bayu Galih Permana - Sabtu, 22 Juni 2019 | 18:30
Intel Performance Maximizer
Intel via Kompas.com

Intel Performance Maximizer

HAI-Online.com - Untuk meningkatkan kecepatan prosesor para penggunanya, Intel baru-baru ini merilis sebuah aplikasi, yang bisa membuat kinerja prosesor buatan mereka jadi lebih ngebut hanya dengan satu kali klik aja.

Seperti yang dilansir HAI dari Kompas.com, aplikasi dengan nama Perfomance Maximizer tersebut nantinya bakalan mempermudah pengguna untuk melakukan penggenjotan kecepatan prosesor dengan menaikkan clockspeed di atas standar, atau lebih sering disebut overclocking.

Menurut keterangan di situs resmi, Intel mengatakan bahwa Performance Maximizer menganalisis setting prosesor, sebelum akhirnya melakukan pengaturan secara otomatis untuk meningkatkan performa lewat overclocking.

"Peralatan ini bisa mempermudah tuning prosesor Intel tipe unlocked, berdasarkan potensi kinerja individual," tulis Intel dalam keterangannya.

Baca Juga: Asus Resmi Luncurkan Ultrabook 14 inci Tertipis dan Terkecil di Dunia

Menariknya lagi, Intel sendiri memberikan aplikasi Performance Maximizer secara cuma-cuma dan bisa diunduh dengan klik di sini.

Meskipun gratis, Performance Maximizer untuk sekarang hanya mendukung prosesor Core i9, i7, dan i5 generasi kesembilan, dengan pengali frekuensi (multiplier) yang terbuka (unlocked), yang mana ditandai dengan huruf 'K' di akhir nomor model.

Berikut prosesor yang mendukung penggunaan Performance Maximize:

  • Core i9-9900K
  • Core i9-9900KF
  • Core i7-9700K
  • Core i7-9700KF
  • Core i5-9600K
  • Core i5-9600KF
Selain itu, komputer pengguna harus memiliki ruang penyimpanan minimal 16 GB dan 8 GB, itu pun BIOS motherboard juga perlu diperbarui, seluruh core prosesor dibuka, serta mengaktifkan fitur Processor Core Overclocking, Turbo Boost 2.0, dan juga Hyper-Threading.

Walau terkesan lebih aman dibandingkan overclocking secara manual, Intel tetap memperingatkan bahwa praktik menggenjot kecepatan prosesor di luar standarnya tetap bisa merusak, ataupun mengurangi umur komponen tersebut.

Gimana sob, tertarik nggak nih buat nyobain Performance Maximizer biar performa komputer kalian jadi lebih ngebut? (*)

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest