Follow Us

Mudah tapi Jarang Orang Tahu, Tips Supaya Aki Motor Nggak Soak Saat Ditinggal Mudik

Bayu Galih Permana - Jumat, 31 Mei 2019 | 20:00
Ilustrasi aki motor
Kompas.com

Ilustrasi aki motor

HAI-Online.com - Sebagian besar anak perantauan pasti pernah ngalamin aki motor miliknya jadi soak setelah kembali dari mudik lebaran di kampung halaman, yang kemudian membuat motor nggak bisa dipake dan harus dibawa ke bengkel.

Padahal, cara untuk mencegah supaya aki motor nggak soak ketika ditinggal mudik ke kampung halaman sendiri terbilang sangat mudah lho.

Menurut keterangan yang diberikan Ribut Wahyudi selaku Service Advisor dari Honda Bintang Motor, pemudik cukup melepas salah satu kutub yang ada di aki untuk menghindari masalah tersebut.

"Kalau ingin ditinggal lama seperti mudik, cukup lepas salah satu kutub di aki," ujar Ribut seperti yang dikutip HAI dari GridOto.com.

Baca Juga: Nggak Cuma Buat MotoGP, Sirkuit Mandalika di NTB Kemungkinan Dipakai untuk F1

Lebih lanjut, Ribut menjelaskan bahwa langkah tersebut dilakukan dengan tujuan supaya daya dalam aki nggak tersedot oleh sistem kelistrikan motor ketika ditinggal dalam waktu yang cukup lama.

"Tujuannya, agar saat ditinggal mudik aki enggak tersedot oleh kelistrikan motor," tambahnya.

Namun untuk melepas aki motor nggak bisa sembarangan sob karena kalau salah, bisa-bisa kita malah tersetrum, berikut langkah yang benar.

  • Copot kutub negatif (biasanya tanpa penutup) terlebih dahulu menggunakan obeng
  • Setelah kutub negatif copot, lepas kutub positif (biasanya punya penutup)
  • Lakukan hal sebaliknya apabila ingin memasang aki kembali
Gimana sob, nggak susah kan? Jadi, mulai sekarang nggak ada lagi tuh ceritanya aki motor soak setelah lama ditinggal mudik. (*)

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Hot Topic

Tag Popular