Follow Us

Nggak Cuma Buat MotoGP, Sirkuit Mandalika di NTB Kemungkinan Dipakai untuk F1

Bayu Galih Permana - Selasa, 28 Mei 2019 | 20:55
Ilustrasi F1
Pixabay / urv

Ilustrasi F1

HAI-Online.com - Seperti yang kita tahu, Indonesia telah resmi menjadi tuan rumah dari salah satu seri balapan MotoGP 2021 mendatang, setelah menandatangani kontrak berdurasi tiga tahun dengan pihak penyelenggara, Dorna Sports.

Menariknya, setelah dipastikan menjadi tuan rumah salah satu seri MotoGP 2021, kini muncul kemungkinan bahwa Indonesia juga bisa menyelenggarakan ajang balap F1 di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Kemungkinan untuk menggelar balap F1 di Sirkuit Mandalika ini disampaikan oleh Ketua Komite Olimpiade Indonesia dan kandidat anggota International Olympic Committe (IOC) dalam rangka nominasi Indonesia sebagai tuan rumah Olimpiade 2032, Erick Thohir.

"Kita melihat trek yang sedang dibangun di Mandalika ini juga bisa dimanfaatkan untuk arena balapan mobil, di mana tidak ada pemborosan. Balapan F1 bisa dilakukan ataupun kendaraan balap mobil yang lain," ujar Erick seperti yang dikutip HAI dari Kompas.com.

Baca Juga: Muncul Petisi Penarikan Kembali PCX Karena Dianggap Bermasalah, Begini Tanggapan Diler Honda

Lebih lanjut, Erick mengatakan, Indonesia punya peluang untuk menyelenggarakan dua ajang balap paling prestisius di dunia sekaligus, dan apabila terjadi, hal itu akan menjadi kesempatan emas untuk meningkatkan sektor pariwisata tanah air.

"Kita melihat kesempatan ini tidak hanya sebagai penyelenggara, tetapi bagaimana juga kita kaitkan dengan investasi ke depan, investasi tourism," terang Erick menjelaskan.

Sesuai arahan Presiden Jokowi yang ingin meningkatkan citra Indonesia di mata dunia, Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) akan melakukan pembicaraan dengan pemilik lisensi Formula 1, Liberty Media, untuk menjajaki kemungkinan menyelenggarakan F1 di Mandalika.

"Menindaklanjuti arahan Presiden Jokowi maka akan dilakukan pembicaraan dengan pemilik lisensi F1," kata Abdulbar M. Mansoer selaku Direktur Utama ITDC.

Wah, boleh juga nih sob idenya! Siapa yang setuju kalau Indonesia jadi tuan rumah salah satu seri balapan di Formula 1. (*)

Editor : Hai

Baca Lainnya





PROMOTED CONTENT

Latest