Follow Us

Begini Wujud Rumah Manusia Kalo Mau Tinggal di Mars Menurut NASA

Ricky Nugraha - Kamis, 06 Juni 2019 | 13:10
Konsep hunian di Mars
AI SpaceFactory

Konsep hunian di Mars

HAI-online.com - Setelah berjalan selama 4 tahun, Badan Penerbangan dan Antariksa AS (NASA) akhirnya menentukan pilihan bagaimana wujud tempat hunian apabila manusia kelak akan tinggal di Mars.

Hunian tersebut masih berupa cetak biru yang nantinya bisa dibangun dengan cara 3D printing dengan menggunakan material-material yang tersedia di planet tersebut.

Desain hunian bernama 'Marsha' ini punya bentuk seperti pod vertikal yang didesain oleh AI SpaceFactory dan menurut mereka bisa dicetak dalam waktu 30 jam.

Bentuknya yang unik membantu menahan tekanan atmosfer di Mars, serta mencerminkan pencahayaan alami Bumi.

Baca Juga: Peneliti Berhasil Ciptakan Suara Paling Brutal Sedunia Sekeras 270 Decibels

Struktur jendela-jendela tersebut digambarkan dengan tirai untuk melindungi penghuni manusia dari radiasi matahari, dengan interiornya menampilkan tangga untuk mengakses lantai lainnya di dalam rumah. Penghuninya juga dapat bekerja, tidur dan makan di dalam pod.

AI SpaceFactory juga memberikan konsep ruang untuk taman, dapur, dan bahkan ruang olahraga dan rekreasi di dalam pod.

Palka untuk pakaian luar angkasa dan port docking untuk Mars Exploration Rover juga jadi bagian dari desain. Selain itu, struktur ini memiliki lapisan berlapis ganda untuk memoderasi suhu internal perumahan setiap saat.

Baca Juga: Tomat Itu Sayuran Atau Buah Sih? Ini Dia Penjelasan Ilmiahnya!

AI SpaceFactory mendapatkan US$ 500.000 atas konsep pod vertikal untuk 3D-Printed Habitat Challenge dari NASA ini. Penasaran seperti apa wujudnya? Simak video konsepnya di bawah ini.

(*)

Source : Design Taxi

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest