Follow Us

Makin Sepi Peminat, YouTube Gaming Bakal Ditutup Akhir Bulan Ini

Ricky Nugraha - Selasa, 28 Mei 2019 | 18:45
YouTube Gaming
The Next Web

YouTube Gaming

HAI-online.com - Google akhirnya akan menutup layanan YouTube Gaming secara permanen pada 30 Mei nanti, setelah di akhir 2018 lalu digabungkan dengan layanan YouTube reguler.

Hal tersebut dilakukan karena layanan khusus para penikmat game ini kian sepi peminat.

Sebagian besar penggunanya, telah beralih ke layanan YouTube reguler untuk membuat dan menonton segala konten yang berhubungan dengan game.

Menurut Google, setelah layanan ini dinonaktifkan, aplikasi seluler YouTube Gaming dan situs web terkait akan berhenti berfungsi dan nggak akan dapat diakses kembali.

Baca Juga: Waduh! Kecanduan Game Bakalan Dikategorikan Sebagai Penyakit!Khusus untuk halaman web yang beralamatkan di gaming.youtube.com, akan dialihkan ke halaman www.youtube.com/gaming.

"Aplikasi YouTube Gaming akan hilang pada 30 Mei, tapi kalian akan tetap dapat menemukan semua video dari game favoritmu di halaman utama YouTube," tulis pihak YouTube.

Dirangkum dari 9to5google, awalnya Google akan menontaktifkan layanan tersebut pada bulan Maret lalu. Namun entah apa alasan Google sedikit memperpanjang usia layanan ini.

YouTube sendiri mengklaim setiap harinya ada 200 juta pengguna yang menonton konten game. Angka itu sama dengan jumlah penduduk Brasil. Namun, mereka nggak menonton via aplikasi khusus YouTube Gaming.

Baca Juga: Fix, Indoneisa Jadi Tuan Rumah Final PUBG Mobile Club Open SEA 2019

Setelah layanan YouTube Gaming dinonaktifkan, pengguna masih akan tetap dapat mengakses beragam konten game yang mereka sukai melalui halaman utama YouTube.Caranya, buka tab “Trending” di sisi kiri saat buka aplikasi YouTube, lalu pilih ikon “Gaming” di sisi atas.

Bisa juga langsung membuka alamat https://www.youtube.com/gaming untuk langsung masuk ke topik Gaming. Saat masuk, nantinya akan disodorkan beberapa kategori untuk mempermudah penelusuran.

YouTube Gaming sendiri saat ini kalah bersaing dengan layanan streaming Twitch. Setelah dinyatakan akan dimatikan, layanan YouTube Gaming semakin kehilangan popularitasnya.

Baca Juga: Nggak Ada di PlayStore, Ini Cara Mainkan Call of Duty di Android

Source : Kompas.com, 9to5Google

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest