Follow Us

5 Universitas yang Lulusannya Paling Banyak Diterima 4 'Unicorn' Besar Indonesia

Ricky Nugraha - Kamis, 16 Mei 2019 | 10:50
Perusahaan 'unicorn' besar Indonesia

Perusahaan 'unicorn' besar Indonesia

HAI-online.com - "Unicorn," istilah yang ditujukan untuk perusahaan rintisan bernilai 1 miliar dollar AS itu memang kerap muncul belakangan ini.

Perusahaan-perusahaan unicorn ini memang memiliki dampak sangat besar dalam kehidupan. Perusahaan tersebut nggak cuma menguntungkan secara bisnis, tapi juga memberikan manfaat pada masyarakat, termasuk membuka lapangan kerja.

Mengenai hal itu, Arjuna Sky Kok penulis buku "Hands-On Blockchain for Phyton Developers" mencoba memetakan universitas mana saja yang banyak diserap oleh 4 unicorn besar Indonesia, yaitu Bukalapak, Tokopedia, Go-Jek, dan Traveloka.

Arjuna menjelaskan metode riset sederhana ia lakukan berbasis pada data pengguna platform sosial LinkedIn. Dari penulusuran setiap unicorn inilah kemudian diperoleh pemetaan jumlah lulusan universitas dari setiap unicorn.

Baca Juga : 5 Kampus Indonesia yang Masuk Daftar Universitas Terbaik Asia

"Backbone dari unicorn-unicorn itu engineering atau software engineering, jadi kebanyakan karyawan unicorn berasal dari jurusan Computer Science atau Information Technology, ujar Arjuna dikutip dari Kompas.com.

"Artinya universitas yang banyak memasukkan lulusannya ke unicorn, perusahaan digital besar bisa dibilang Fasilkom (Fakultas Ilmu Komputer) nya bagus."

Lebih lanjut ia menambahkan, "Lulusan Fasilkom universitas besar seperti UI dan ITB paling banyak dicari sedangkan universitas swasta dengan Fasilkom sukses adalah Binus (Bina Nusantara)."

Berikut 5 universitas paling banyak diterima di Bukalapak:

Bukalapak

1. Universitas Indonesia (UI): 327

Source : Kompas.com

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

Latest