Follow Us

Yang Harus Lo Tau Soal Gerakan Menuju 100 Smart City: Bukan Soal Teknologi Doang!

Alvin Bahar - Rabu, 15 Mei 2019 | 16:55
Rikard Bagun (Vice CEO KG Media) menyampaikan sambutan di ajang pembukaan Gerakan Menuju 100 Smart City Tahap 3 di Jakarta, Rabu (15/5)

Rikard Bagun (Vice CEO KG Media) menyampaikan sambutan di ajang pembukaan Gerakan Menuju 100 Smart City Tahap 3 di Jakarta, Rabu (15/5)

HAI-ONLINE.COM - Gerakan Menuju 100 Smart City tahun 2019 resmi bergulir. Bertempat di Hotel Santika Hayam Wuruk, Jakarta, 25 walikota/bupati yang terpilih menandatangani nota kesepahaman untuk mengikuti gerakan ini.

Gerakan Menuju 100 Smart City sendiri adalah sebuah inisiatif untuk membimbing kota/kabupaten dalam menyusun rencana induk (masterplan) smart city.

Harapannya, rencana induk ini akan menjadi pegangan pemerintah daerah dalam mewujudkan smart city di daerah masing-masing.

Ke 25 kota/kabupaten ini terpilih setelah mengikuti proses penilaian (assessment) yang berlangsung pada awal Maret 2019 kemarin. Proses penilaian diawali dengan mengundang 107 kota/kabupaten. Kemudian, setiap daerah dinilai kesiapan mewujudkan smart city, baik dari sisi kesiapan infrastruktur, suprastruktur, dan visi pemimpin daerah. Proses penilaian sendiri dilakukan praktisi dan akademisi yang selama ini terlibat di Gerakan Menuju 100 Smart City.

Ke 25 kota/kabupaten terpilih ini melengkapi 75 kota/kabupaten yang telah terpilih di tahun 2017 dan 2018, sehingga total ada 100 kota/kabupaten yang telah mengikuti Gerakan Menuju 100 Smart City ini.

Baca Juga : Tampilan Baru Topeng Para Personel Slipknot Bakal Terungkap Besok

Apa itu Gerakan Menuju 100 Smart City?

Gerakan Menuju 100 Smart City sendiri adalah program Pemerintah Republik Indonesia yang diinisiasi oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika. Program ini mendapat dukungan penuh dari Kementerian Dalam Negeri, Bappenas, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara, Kementerian PUPR, dan Kantor Staf Kepresidenan.

“Gerakan Menuju 100 Smart City adalah sebuah inisiatif Kominfo sebagai fasilitator pemerintah daerah dalam memanfaatkan teknologi untuk menjawab tantangan di daerah masing-masing,” ungkap Rudiantara, Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia.

“Namun saya tekankan, smart city bukan sekadar belanja teknologi. Tujuan utama smart city adalah meningkatkan pelayanan masyarakat dengan cara yang inovatif. Saya juga berharap agar ada penekanan khusus dalam hal pelayanan pendidikan dan pelatihan, dalam rangka mengembangkan sumber daya manusia di daerah,” tambah Rudiantara.

InfoKomputer, sebagai bagian dari Kompas Gramedia Media (KG Media), dipercaya menjadi strategic partner untuk Gerakan Menuju 100 Smart City. Menurut Rikard Bagun (Vice CEO KG Media), program Gerakan Menuju Smart City sangat penting bagi Indonesia karena membentuk peradaban yang cerdas. "Smart City akan memunculkan nilai gotong royong dan nilai keindonesia di masyarakat," ujar Rikard Bagun.

Wisnu Nugroho, Managing Editor InfoKomputer, mengatakan ekosistem smart city di Indonesia praktis sudah terbentuk. "Teknologi sudah banyak tersedia, pembelajaran dari daerah lain juga sudah ada. Jadi, pemerintah daerah seharusnya bisa mengakselerasi pembangunan smart city dengan maksimal" ungkap Wisnu.

Artikel ini pertama kali tayang di InfoKomputer dengan judul "Gerakan Menuju 100 Smart City 2019 Resmi Dimulai, Libatkan 25 Kota/Kabupaten"

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest