Follow Us

Menangis Bisa Bantu Turunin Berat Badan, Ini Waktu yang Tepat Nitikkin Air Mata

Ricky Nugraha - Jumat, 10 Mei 2019 | 18:55
Ilustrasi
Sony Pictures

Ilustrasi

HAI-online.com - Menurut kabar dari AsiaOne yang dilansir oleh World of Buzz, sebuah penelitian baru-baru ini telah menemukan fakta bahwa menangis, terutama yang membawa perasaan dan emosi yang berat, dapat membantu menurunkan berat badan.

Hal ini karena hormon-hormon yang berasal dari tangisan emosional dapat membantu meningkatkan level kortisol, dan ini terjadi ketika seseorang memiliki emosi yang terbendung.

Faktanya, air mata yang disebabkan oleh stres memiliki kemampuan untuk menyingkirkan beberapa jenis zat beracun dari tubuh.

Hal ini yang menyebabkan ahli biokimia, William Frey, sampai pada suatu kesimpulan bahwa menangis membantu menghilangkan zat-zat beracun yang cenderung menumpuk ketika manusia secara emosional tertekan.

Baca Juga : Milenial, Lakukan 5 Tips Ini Untuk Menjaga Kesehatan Mental Kamu

Selain itu, tubuh nggak akan menyimpan lebih banyak lemak ketika sedang menangis, karena semua hormon stres yang ditekan sudah dilepaskan melalui proses ekskresi ini.

Dalam penelitian disebutkan bahwa seseorang hanya mendapat manfaat ini jika menangis dengan dipicu oleh emosi nyata. FYI, ada 3 jenis air mata, yaitu;

  1. Air mata basal - alias "air mata fungsional dasar" yang menjaga kelembapan mata
  2. Air mata refleks - alias "air mata iritasi" yang tanpa sengaja kita tumpahkan karena pemicu stres lingkungan seperti asap dan angin
  3. Air mata psikis - air mata alias terkait dengan perasaan sebenarnya dan emosi manusia
Nah, dari ketiga itu, hanya air mata psikis yang dikatakan memiliki efek “menurunkan berat badan” ini. Di samping itu, ada jangka waktu tertentu untuk memaksimalkan efek tersebut.

Para peneliti menyarankan untuk menangis kapan saja dari jam 7 malam sampai jam 10 malam, dengan alasan bahwa ini adalah waktu terbaik untuk menangis karena film-film rom-com favorit kalian atau yang memiliki sad ending.

Baca Juga : Menurut Survei, Sex Bebas Bikin Remaja Lebih Rentan Buat Bunuh Diri

Tangisan yang positif ternyata nggak cuma baik untuk melepaskan semua perasaan terpendam demi kesehatan mental, tetapi nampaknya juga bagus untuk kesehatan fisik.

Namun, jangan terlalu berlebihan menanggapi studi ini. Bisa-bisa kalian nangis terus tiap hari cuma buat nurunin berat badan, kan itu nggak baik juga sob. (*)

Source : asiaone, World of Buzz

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

Latest