Follow Us

Alasan Pemilihan Tanggal 2 Mei Sebagai Hari Pendidikan Nasional

Bayu Galih Permana - Kamis, 02 Mei 2019 | 10:09
Selamat Hari Pendidikan Nasional
LLDIKTI Wilayah III

Selamat Hari Pendidikan Nasional

HAI-Online.com - Hayo, pada inget nggak ini hari apa sob? Iya bener Kamis, tapi hari ini terasa sangat spesial karena pada tanggal 2 Mei ini seluruh masyarakat Indonesia tengah memperingati Hari Pendidikan Nasional.

Buat kalian yang belum tahu, Hari Pendidikan Nasional sendiri mulai diperingati setiap tanggal 2 Mei usai pemerintah menerbitkan Keputusan Presiden Indonesia (Keppres) No. 316 Tahun 1959 pada 16 Desember 1959.

Lalu, apa sih mendasari pemerintah menetapkan tanggal 2 Mei sebagai Hari Pendidikan Nasional?

Seperti yang dikutip HAI dari lama Wikipedia, pemilihan tanggal 2 Mei sebagai Hardiknas didasari oleh perjuangan Ki Hadjar Dewantara yang berani menentang kebijakan pendidikan pemerintah Belanda pada masa penjajahan.

Baca Juga : Pada Zaman Itu “Jeans” (Pernah) Jadi Seragam Sekolah?

Pada masa itu, hanya anak-anak kelahiran Belanda atau orang kaya saja yang diperbolehkan oleh pemerintah kolonial untuk mengenyam bangku pendidikan.

Akibat kritik keras terhadap kebijakan pemerintah Hindia Belanda, Ki Hadjar Dewantara kemudian diasingkan ke Belanda, sebelum akhirnya pulang ke Indonesia dan mendirikan sebuah lembaga pendidikan bernama Taman Siswa.

Selain itu, bapak pendidikan yang lekat dengan filosofi Tut Wuri Handayani (di belakang memberi dorongan) tersebut juga diangkat sebagai menteri pendidikan usai Indonesia berhasil melepaskan diri dari tangan penjajah.

Berkat jasa-jasa terhadap dunia pendidikan Indonesia itu lah, pemerintah kemudian menerbitkan Keppres) No. 316 Tahun 1959 pada 16 Desember 1959, dan menetapkan tanggal lahir Ki Hadjar Dewantara sebagai Hari Pendidikan Nasional.

Terima kasih Ki Hadjar Dewantara, berkat jasa-jasamu kini kami semua bisa mendapatkan pendidikan yang layak. (*)

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest