Follow Us

Sukses Tembus di Banyak Universitas Amerika, Cowok ini Bagikan Tipsnya

Syifa - Sabtu, 20 April 2019 | 14:30
Moses Mayer
Dok. JIS

Moses Mayer

HAI-Online.com - Nggak banyak orang yang bisa diterima di berbagai universitas ternama di Amerika Serikat.

Setelah kemarin heboh dengan kesuksesan Maudy Ayunda yang ditawari posisi dari 2 universitas ternama, kali ini ada Moses Mayer, siswa Jakarta Intercultural School (JIS) yang berhasil mendapatkan 5 tawaran sekaligus dari universitas bergengsi di Amerika Serikat. Wih!

Untuk diketahui ajabeberapa kampus yang berhasil dijebolnya di antaranya bahkan termasuk jajaran Ivy League.

Baca Juga : Maudy Ayunda Sempat Ditolak BJ. Habibie untuk Jadi Ainun Muda!

Nah, lima kampus Ivy League yang menawari Moses posisi adalah Harvard, Princeton, Yale, Cornell, dan University of Pennsylvania. Selain kelima unviersitas di atas, ada juga M. E. T UC Berkeley, UCLA, University of Michigan, dan Carniege Melon University.

Moses memang dikenal sebagai siswa yang sering meraih banyak penghargaan tingkat internasional di bidang bahasa, matematika, sains, robotika, informatika, dan komputer.

Di sekolah, Moses juga berhasil mendapatkan nilai sempurna untuk semua mata pelajarannya. Moses juga aktif di berbagai kegiatan sekolah. Bahkan ia ikut mendirikan Mu Alpha Tetha atau Math Honor Society di JIS.

Tips tembus universitas bergengsi

Untuk bisa menembus kompetisi di kampus top dunia ini, Moses harus bikin banyak esai dalam bahasa Inggris, sesuai dengan syarat dari masing-masing kampus.

Dilansir dari Kompas.com, ada beberapa hal yang harus diperhatikan nih sob, kalau lo mau apply ke kampus-kampus ini. Berikut tips dari Moses:

  • Siapkan semua hal yang diperlukan untuk aplikasi. Siapkan nilai rapor, nilai tes SAT/ACT dan TOEFL/IELTS, dan tes lainnya yang diminta oleh pihak universitas. Aplikasi universitas di Amerika Serikat akan melihat nilai rapor 4 tahun terakhir (kelas 9-12).
  • Cari hobi lo, dan terus lakuin itu. Moses sendiri suka banget sama matematika, komputer, dan ekonomi. Makanya, dia sangat fokus di ketiga hal tersebut. Nanti kembangkan minat lo ini sebaik mungkin.
  • Ceritakan diri lo di esai, jujur tentang siapa diri lo sebenarnya. Esai adalah kesempatan lo untuk menjelaskan dan memperkenalkan diri supaya tim admission dan tim seleksi bisa mengenal lo dengan baik.
  • Berani bermimpi tinggi, tentukan tujuan lo, lakukan yang terbaik untuk mencapainya. Jangan takut gagal, selalu konsisten dan persisten.
  • Jangan lupa doa.
Nah itu tadi adalah beberapa tips yang bisa lo lakukan biar bisa menembus persaingan kampus di Amerika sana, sob. Kalau Moses bisa, kenapa lo nggak bisa? Semangat untuk coba, ya! (*)

Source : Kompas.com

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

Latest