Follow Us

Kabar Baik, Kini Bandcamp Buka Layanan Bikin Vinyl untuk Para Band dan Musisi

Ricky Nugraha - Kamis, 18 April 2019 | 18:00
Bandcamp buka layanan cetak vinyl
Bandcamp

Bandcamp buka layanan cetak vinyl

HAI-online.com - Platform streaming dan promosi untuk musik, Bandcamp, baru-baru ini mengumumkan bahwa mereka telah meluncurkan satu layananan baru untuk membuatkan vinyl bagi band dan musisi yang menggunakan platform tersebut.

Menurut Pitchfork, layanan baru ini menawarkan kepada band dan musisi untuk melakukan penggalangan dana untuk merilis rekaman album mereka dalam format vinyl.

Jika band telah mampu mengumpulkan ongkos minimum untuk membuat rilisan fisik tersebut, maka Bandcamp akan mencetakkan vinyl, packaging, dan kemudian mengirimkannya ke para penggemar yang memesannya.

Menurut situs web Bandcamp, layanan ini akan mengurangi stres dan keribetan saat mau membuat vinyl, apalagi ketika si artist tersebut belum punya nama yang cukup besar.

Baca Juga : Kota Montreal di Kanada Kini Resmi Memiliki Julukan 'Heavy Metal City'

Dikatakan juga bahwa layanan baru ini akan mempermudah ongkos yang diperlukan untuk mencetak vinyl, karena uang pesanan dari penggemar lah yang akan meng-cover biaya untuk pengepresan vinyl tersebut.

Musisi juga masih memiliki "kontrol penuh" atas desain dan harga rekaman. Selain itu, Bandcamp memastikan bahwa vinyl yang dicetak akan punya kualitas yang tinggi.

Sejauh ini, layanan tersebut telah mencetak album vinyl dari empat artist, yaitu Christian Scott aTunde Adjuah (Ancestral Recall), Juliette Jade (Constellation), Mesarthim (Ghost Condensate) dan Jim Guthrie (Below).

Sejumlah musisi pun mengungkapkan antusiasme mereka tentang layanan ini yang bakal sangat membantu mereka untuk merilis album dalam format vinyl. Gimana? Tertarik juga sob?

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Hot Topic

Tag Popular