Follow Us

Kapan Sih Orang Sadar Kalo Punya Selera Musik ‘Edgy’ Itu Nggak Keren?

Alvin Bahar - Selasa, 16 April 2019 | 11:30
Ilustrasi music snob
Twitter

Ilustrasi music snob

HAI-ONLINE.COM - Si Budi dengerin The Beatles dan musik-musik jadul. Si Ani dengerin Blackpink dan mainstream pop. Apakah derajat Budi lebih tinggi dari Ani?Kalo lo jawab “Ya”, berarti lo adalah music snob.Music snob adalah orang yang menganggap selera musiknya lebih baik dari orang yang biasanya punya selera basic, dan ngaku punya pengetahuan luas soal musik. Pokoknya musik yang ia dengar sempurna, kalian yang dengerin Noah itu sampah.Tapi apakah punya selera musik “unik” alias “edgy” adalah salah satu faktor yang bikin kepribadian menarik, dan bikin sosok lo jadi keren? Apakah karena lo berusia 17 tahun tapi dengerin Deep Purple bikin derajat lo naik? Nggak juga.Yang lo nggak sadar adalah, your taste doesn’t make you more or less cool than your fellow music listener.

Baca Juga : Adidas dan Puma, Saudara yang Sampai Sekarang Nggak Pernah AkurCoy, musik itu salah satu hal paling diverse di Bumi ini. Nggak ada musik yang lebih superior dari yang lain. Yang ada hanya lo mendengarkan musik lebih banyak/sedikit dari yang lainnya.

Sadarilah setiap budaya punya musiknya sendiri. Dari seruan kuno, drum tribal, hingga alat musik tradisional. Dari doom metal sampai trap, musik menembus batasan yang ada dan menerjemahkan budaya dalam sejarah. Banyak musik yang dirilis tiap hari. Kemungkinan orang mendengarkan band punk Jepang yang lo denger, yang vinyl-nya udah out of print sejak 1983 itu kecil. Jadi kenapa membatasi diri buat membela musik yang lo anggap “keren”?Hey, semua orang punya selera spesifik, seperti mereka yang lebih memilih nasi goreng dibanding nasi uduk. Semua punya hal favorit masing-masing, jadi kenapa melarangnya?Anyway, ada cara kok kalo lo emang mau ngebuktiin kalo musik yang lo denger lebih bagus dibanding yang lain. Kenapa musik yang lo denger itu wajib didenger orang banyak? Coba analisis sisi estetik dan mungkin politiknya. Bikin ulasan di blog, vlog, atau medium lain. Opini lo bakal lebih dihargai lho. Dan ini baru keren.Pada akhirnya lo bisa jadi music influencer, pendapatnya didengar. Contohnya kayak Anthony Fantano tuh.Siapa di sini yang setuju kalo music snob itu menyebalkan?

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest