Follow Us

Buat Pemilih Pemula, Jangan Sampai Suaramu Nggak Sah. Begini Tata Cara Mencoblos yang Benar

Bayu Galih Permana - Selasa, 16 April 2019 | 10:27
KPU memberikan sosialisasi pemilu pada generasi muda
Kompas.com / SUKOCO

KPU memberikan sosialisasi pemilu pada generasi muda

HAI-Online.com - Nggak terasa, seluruh masyarakat Indonesia yang telah memenuhi syarat akan melakukan pemilihan umum (pemilu) serentak untuk menentukan siapa saja wakil rakyat yang bakal mewakili kita dalam 5 tahun ke depan, pada Rabu besok (17/4).

Menariknya, dilansir dari Kontan, pada pemilu tahun ini seenggaknya akan ada ratusan juta orang yang nantinya ikut berpartisipasi, di mana sebanyak 14 juta di antaranya terdaftar sebagai pemilih pemula.

Nah, mengingat akan ada banyak pemilih pemula yang bisa mempengaruhi hasil pemilu tahun ini, HAI pengen berbagi sedikit soal bagaimana tata cara pencoblosan yang benar supaya suara kalian dianggap sah dan nggak terbuang sia-sia.

Lalu, gimana caranya? Yuk, kita simak aja tata cara pencoblosan surat suara yang benar pada pemilu 2019 di bawah ini!

1. Pastikan Surat Suara Ditandatangani Ketua KPPS

Seperti yang dikutip HAI dari Kompas.com, Ilham Saputra selaku Komisionek KPU mengatakan bahwa tanda tangan Ketua Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) menjadi salah satu hal yang menentukan sah atau enggaknya surat suara.

"(Pemilih) mengecek apakah surat suara ditandatangani oleh ketua KPPS atau tidak. Karena jika tidak, surat suara dianggap tidak sah ketika dihitung," ujar Ilham, Senin (15/4).

Selain itu, dalam Pasal 35 Ayat 2 huruf e PKPU Nomor 3 Tahun 2019 juga disebutkan, surat suara yang diterima pemilih harus telah ditandatangani oleh Ketua KPPS.

2. Surat Suara Presiden/Wakil Presiden

Ditandai dengan warna abu-abu, surat suara dinyatakan sah apabila para pemilih mencoblos satu kali pada nomor urut/ nama salah satu paslon/ foto paslon atau gambar partai politik pengusung dalam satu kotak.

Cara pencoblosan surat suara presiden/wakil presiden yang benar
Kompas.com / Akbar Bhayu Tamtomo

Cara pencoblosan surat suara presiden/wakil presiden yang benar

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest