Follow Us

Sejarah Baru Tercipta, Foto Pertama 'Black Hole' Berhasil Diabadikan!

Fadli Adzani - Kamis, 11 April 2019 | 10:00
Foto pertama dari Black Hole
abcnews.go.com

Foto pertama dari Black Hole

HAI-ONLINE.COM - Sejarah baru telah tercipta, para ilmuwan dan peneliti luar angkasa telah berhasil mengabadikan foto pertama dari black hole atau lubang hitam.

Sebelum hal ini terjadi, para ilmuwan dan peneliti hanya menggunakan ilustrasi dari teori-teori mereka terkait black hole. Kini, mereka dan kita sudah tau rupa dari black hole seperti apa.

Dikutip Tribunjogja.com dari ABC News, Direktur Event Horizon Telescope (EHT), Shep Doeleman memperlihatkan foto lubang hitam atau black hole untuk kali pertama dalam konferensi pers yang diselenggarakan di Washington, D.C. pada Rabu (10/4/2019).

Baca Juga : Jangan Sering-sering Ditahan, Kentut Bisa Keluar Lewat Mulut, Loh!

"Kita telah melihat, apa yang kita pikir tidak bisa kita lihat. Kita telah melihat dan memotret lubang hitam ( black hole ) ," ungkapnya dalam acara tersebut.

Dalam unggahan resmi di Twitter EHT, dijelaskan jika para ilmuwan telah berhasil mendapatkan foto pertama black hole / lubang hitam menggunakan EHT pengamatan pusat galaksi M87.

Gambar lubang hitam atau black hole di atas menunjukkan cincin terang yang berbentuk lengkungan cahaya di dalam gravitasi yang kuat di sekitarnya.

Lubang hitam tersebut berukuran 6.5 miliar kali lebih besar dari matahari.

European Commission juga turut berbangga atas capaian ini.

Melalui Twitter mereka, EC menyampaikan, "Gambar #RealBlackHole adalah hasil kolaborasi Event Horizon Telescope yang berskala besar, di mana para peneliti yang didanai oleh Uni Eropa terut berperan penting (di dalamnya)."

Source : Tribun Jogja

Editor : Fadli Adzani

Baca Lainnya

Latest