Follow Us

Jangan Sering-sering Ditahan, Kentut Bisa Keluar Lewat Mulut, Loh!

Ricky Nugraha - Rabu, 10 April 2019 | 20:50
Ilustrasi kentut keluar lewat mulut
Pixabay/kreatikar

Ilustrasi kentut keluar lewat mulut

HAI-online.com - Setelah membaca ini, mungkin kalian akan pikir-pikir kembali kalau suka menahan kentut, meski sedang dalam posisi yang nggak memungkinkan untuk buang angin.

Pasalnya, menurut sebuah penelitian, ternyata kentut yang ditahan bisa keluar dari mulut orang tersebut, loh!

Dilansir dari Mentalfloss.com, seorang profesor nutrisi dan dietetik di University of Newcastle, Inggris yang bernama Clare Collins telah menuliskan perihal kentut di The Conversation di tahun 2018 lalu.

Menurutnya, kentut yang tertahan bisa menembus dinding usus dan diserap kembali ke dalam sirkulasi tubuh. Penyerapan ini kemudian dilepaskan kembali ketika kita mengembuskan napas.

Baca Juga : Heboh Fenomena Air Terjun di Puncak Gunung Galunggung, Ini Penjelasan Ahli

“Menahannya terlalu lama artinya membiarkan gas itu melarikan diri melalui ‘kentut’ yang tak terkendali,” tulis Collins.

Kentut yang tak terkendali, menurut Collins, adalah yang keluar dari mulut itu tadi.

Beberapa ilmuwan progresif telah meneliti fenomena perkentutan. Dalam sebuah penelitian, 10 sukarelawan sehat diberi setengah kaleng kacang panggang sebagai tambahan diet reguler.

Mereka juga diberi kateter dubur untuk mengukur kentut mereka selama 24 jam. Meskipun ini adalah sampel yang kecil, hasilnya tetap saja penting.

Menurut para peneliti, pria dan wanita melepaskan gas buang yang sama, dan rata-rata jumlah kentutnya adalah delapan kali.

Baca Juga : Doomsday Vault, Gudang untuk Nyimpan Kebutuhan Manusia Saat Kiamat Datang Dibangun Norwegia

Source : Intisari

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

Latest