Follow Us

4 Kasus Alat Medis Tertinggal di Dalam Badan Pasien Setelah Operasi

Fadli Adzani - Senin, 08 April 2019 | 09:22
Benang operasi untuk menjahit luka
Pixabay

Benang operasi untuk menjahit luka

HAI-ONLINE.COM - Operasi merupakan salah satu tindakan medis yang dilakukan kalau seorang dokter perlu melihat bagian dalam dari tubuh manusia.

Saat ini, operasi sudah menjadi hal yang sangat sering dilakukan guna menyembuhkan pasien yang mengalami penyakit yang mungkin datang dari organ dalamnya.

Apalagi, teknologi di rumah sakit sudah sangat modern, banyak orang yang kemudian percaya kepada dokter untuk mengoperasi dirinya sehingga penyakit bisa disembuhkan.

Baca Juga : Sekitar 450 Ribu Lagu MySpace yang Hilang Telah 'Diselamatkan'

Namun apa jadinya kalau ada alat medis yang tiba-tiba lupa diangkat oleh dokter saat operasi selesai, namun bagian tubuh yang menjadi "pintu" masuknya alat medis itu sudah dijait serta tertutup rapat?

Dokter juga manusia, terkadang, saking fokusnya dalam melakukan operasi, mereka lupa kalau ada alat medis yang tertinggal di dalam tubuh pasien.

Berikut ini adalah 4 kasusnya:

1. Kasus Gunting Tertinggal dalam Perut Setelah Operasi

Pada 2001, seorang wanita di Australia harus menjalani operasi untuk menyembuhkan penyakit di bagian usus besarnya. Wanita berusia 69 tahun ini kemudian merasa sakit setelah proses operasi selesai. Pada awalnya, dokter mengatakan kalau itu adalah hal wajar yang biasa terjadi setelah proses operasi selesai.

Namun ternyata, rasa sakit itu terus timbul dari bagian perutnya. Dokter memberikan obat penahan rasa sakit, namun nggak ngaruh sama sekali.

Ternyata, setelah diberikan sinar x-ray, terdapat gunting sepanjang 18 cm di dalam perutnya.

2. Pisau Bedah di Bagian Perut Bawah

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest