Follow Us

Kisah Dokter yang Mengoperasi Dirinya Sendiri Karena Nggak Ada yang Bisa Menolong

Alvin Bahar - Minggu, 07 April 2019 | 15:45
Wah Ada Kisah Dokter yang Mengoperasi Diri Sendiri
-

Wah Ada Kisah Dokter yang Mengoperasi Diri Sendiri

HAI-ONLINE.COM - Di pedalaman Antartika, badai salju sedang menerjang. Sekelompok penjelajah yang sedang berada di sana tahu mereka akan menjalani bulan-bulan penuh kegelapan dan suhu dingin yang ekstrem.

Mereka telah melakukan perjalanan selama 36 hari melalui laut dari Rusia sejak 5 November 1960 untuk membangun stasiun Rusia di Antartika dan kapal baru akan kembali setahun kemudian.

Salah satu dari para penjelajah itu adalah dokter bedah dari kota Leningrad, Leonid Ivanovich Rogozov (27 tahun). Mendadak ia mengalami rasa nyeri yang sangat tajam di bagian perutnya.

Pada 29 April 1961 ia menulis dalam jurnal hariannya, "Sepertinya aku mengalami usus buntu. Tapi aku tak mengatakan pada siapa pun, buat apa membuat takut yang lain? Lagi pula siapa yang bisa menolongku?."

Tak lama kemudian kondisinya terus memburuk, ia jatuh sakit, lemah, dan nggak sadarkan diri. Ada rasa nyeri seolah-seolah terbakar di bagian atas perutnya.

Rogozov tahu, jika ingin bertahan ia harus melakukan operasi atau usus buntunya akan pecah yang bisa membunuhnya. Namun dia nggak mungkin naik kapal kembali ke Rusia dalam kondisi badai salju.

Masalahnya adalah ia merupakan satu-satunya dokter di tim itu. Pilihannya adalah melakukan hal yang mungkin nggak pernah terpikirkan oleh dokter bedah mana, pun, yaitu mengoperasi dirinya sendiri.

Baca Juga : Konspirasi Pembunuhan Aneh, John Lennon Disebut Dibunuh oleh Novelis Horor Stephen King

Sehari setelah ia menulis dalam jurnalnya, ia demam tinggi, muntah berulang kali, dan nyerinya makin tak tertahankan.

Cerita lengkap jalannya operasi itu bisa ditemukan dalam laporan yang ditulis oleh putranya, Vladislav, dan dipublikasikan dalam the British Medical Journal (BMJ).

Operasi yang dilakukannya itu menjadi operasi pertama yang dilakukan sendiri di luar rumah sakit tanpa tenaga medis, dan berjalan sukses.

"Ini saatnya, aku harus mengoperasi diriku. Ini hampir tidak mungkin, tapi aku tak bisa hanya diam saja dan menyerah," tulisnya.

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest