Follow Us

Cerita Konser Peluncuran Album Barasuara 'Pikiran dan Perjalanan': Intim, Penuh Tawa, dan Seru Abis!

Hai School Crew - Sabtu, 16 Maret 2019 | 08:08
Iga Massardi
Kayla Lynette

Iga Massardi

HAI-ONLINE.COM - Perjalanan 4 tahun Barasuara dalam membuat album baru akhirnya terungkap dengan judul Pikiran dan Perjalanan, sebuah album yang mencari esensi lebih dekat dengan sisi kemanusiaan kita semua.

Kali ini Barasuara ingin mengenalkan album baru di showcase mereka pada Rabu (13/3) kemarin dengan konsep yang berbeda dari konser-konser mereka biasanya.

“Kata yang pas untuk deskripsiin mungkin intimate, seperti bisa dilihat venue-nya nggak gede-gede banget, kapasitasnya cuman 400 orang. Secara jarak juga nggak jauh dari penonton,” kata salah satu penyelenggara dari Darlin’ Records menjelaskan showcase yang diselenggarakan di Lucy In The Sky, SCBD, Jakarta Selatan.

‘Release Party Pikiran dan Perjalanan’ dimulai seru dengan sorakan penonton yang menyambut kehadiran Barasuara ke panggung dengan lampu yang tadinya redup dan langsung menyala saat dimulainya lagu ‘Seribu Racun’, diikuti dengan lagu ‘Samara’ serta ‘Masa Mesias Mesias’ sebelum kemudian Iga menghangatkan penonton dengan sedikit kata-kata pembuka.

Baca Juga : UNIQLO Bakal Rilis Koleksi Spesial Street Fighter dan Monster Hunter

Suara khas drum Marco sebagai pembuka lagu ‘Hagia’ membuat penonton kegirangan dengan dibawakannya lagu dari album pertama dan membuat semua orang ikut bernyanyi, terutama di bagian “seperti kami pun mengampuni, yang bersalah kepada kami,” lirik yang membuat semua yang hadir langsung khusyuk.

Kunto Aji bersama Iga Massardi
Kayla Lynette

Kunto Aji bersama Iga Massardi

Pikiran dan Perjalanan’ kemudian ditampilkan dengan keadaan penonton yang masih semangat dan masih berganti-gantian dengan lagu dari album pertama yaitu ‘Sendu Melagu.’ Begitulah pola lagu yang dibawakan malam itu, memainkan segenap lagu dari album kedua lalu diselingkan lagu dari album pertama.

Intro dari lagu ‘Mengunci Ingatan’ yang dipimpin oleh senandung gitar akustik Gerald membuat seisi venue terdiam dan menikmatinya. Sebuah momen tidak terlupakan adalah diundangnya Kunto Aji, yang hadir malam itu, untuk menyanyikan lagu yang pernah di covernya yang pernah diunggah di YouTube dan dengan ucapan “Terima kasih telah membawakan lagu saya, jangan lupa dengerin Mantra-Mantra,” lawakan kecilnya membuat para penunggang badai terhibur.

Dari lagu ‘Tentukan Arah,’ bisa dirasakan tempo lambat yang diteruskan membuat suasana penonton terdistraksi dengan lagu-lagu yang dibawakan tanpa jeda atau absennya bincangan dari para personil Barasuara sehingga membuat suasana sama saja seperti menonton playlist kompilasi pertunjukan Barasuara di YouTube.

“Lagu selanjutnya adalah favorit Marco, dia udah nggak sabar banget bawain lagu ini,” kata salah satu personel, mengingat lagu ‘Barat,’ sebuah kolaborasi dengan band Scaller, belum pernah dibawakan oleh Marco sebelumnya karena sempat digantikan oleh adiknya, Enrico.

Baca Juga : Sebenarnya EP Apa, Sih? Apa Bedanya Sama Album? Musisi Perlu Tau, Nih!

Editor : Rizki Ramadan

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest