Follow Us

Sebenarnya EP Apa, Sih? Apa Bedanya Sama Album? Musisi Perlu Tau, Nih!

Fadli Adzani - Jumat, 15 Maret 2019 | 20:00
Ilustrasi toko musik
Wikipedia Commons

Ilustrasi toko musik

HAI-ONLINE.COM - Sekarang ini, banyak musisi yang merilis EP dari pada album. EP dipahami sebagai album mini yang isinya cuma beberapa lagu aja.

Nah, lo pernah bertanya nggak sih, sebenernya EP itu apa?

EP adalah singkatan dari Extended Player. Menurut situs Music Industry How To, EP adalah koleksi lagu yang dikumpulkan oleh musisi untuk mempromosikan karya mereka.

Biasanya, jumlah lagu di dalam EP sekitar empat sampai enam. Bentuk rilisannya pun bermacam-macam, mulai dari kaset, CD, piringan hitam, dan ada juga yang dirilis di digital saja.

Sedangkan album, atau yang biasa disingkat LP (Long Player), merupakan kumpulan lagu-lagu yang jumlahnya lebih banyak dan durasinya juga lebih lama dibandingkan EP maupun single.

Sebenarnya, LP ditujukan untuk piringan hitam saja. Namun seiring berjalannya waktu, LP juga diperuntukkan album dalam bentuk CD atau digital.

Biasanya, album memiliki jumlah lagu yang mencapai delapan hingga dua belas.

Sebenarnya, walau jumlah lagunya cuma 4, seorang musisi atau band tetap bisa menyebut karyanya sebagai album, asalkan durasinya lebih panjang daripada EP.

Sebut saja band Godspeed You! Black Emperor, yang punya album berjudul Asunder, Sweet and Other Distress berisikan empat lagu. Namun kalau dilihat dari durasinya, hampir mencapai 40 menit!

Nah, buat kalian yang lagi bingung mau rilis EP atau album, kalian harus pikirkan matang-matang, nih. Mungkin kalau kalian mau menabung sedikit lebih lama, kalian bisa mendapatkan budget yang tepat untuk membeli album.

Namun, kalau kalian nggak sabar dan cepat-cepat ingin punya rilisan, EP juga menjadi opsi yang bagus, kok! (*)

Editor : Rizki Ramadan

Latest