Follow Us

Ini Alasan Kenapa Petinju Wajib Pakai Sepatu ketika Bertanding

Alvin Bahar - Jumat, 15 Maret 2019 | 19:00
Ini Alasan Kenapa Petinju Harus Pakai Sepatu
-

Ini Alasan Kenapa Petinju Harus Pakai Sepatu

HAI-Online.com - Banyak orang berpikir, buat main olahraga tinju cuma butuh sarung tangan doang. Padahal anggapan itu salah. Pelindung kepala justru nggak masalah kalo nggak dipakai. Sedangkan sepatu wajib hukumnya saat bertanding tinju.

Fungsi sepatu dalam olahraga tinju emang nggak sevital dalam olahraga sepak bola, futsal, atau basket. Tapi sepatu tinju emang dirancang khusus demi menjaga safety. Petinju selalu berdiri sepanjang pertarungan sehingga dia membutuhkan topangan kaki yang baik.

Baca Juga : Kumpulan Meme Avengers: Endgame Terbaru, Dari Goose Sampai Spider-Man

Sepatu tinju berfungsi untuk melindungi pergelangan kaki petinju. Soalnya, seorang petinju bisa tumbang tiba-tiba gara-gara terpukul lawan. Situasi yang kayak gitu resiko patah tulang pergelangan kaki sangat besar akibat petinju jatuh dengan sangat cepat dan kencang.

Makanya semua petinju wajib ngelindungin kakinya dengan sepatu. Biasanya sepatu tinju punya tiga ukuran tinggi, antara lain high tops (menutupi seluruh betis atau setengah betis), mid-rise (sedikit di bawah betis-di atas pergelangan kaki), dan low tops (sedikit di atas pergelangan kaki).

Sepatu tinju emang ringan banget. Soalnya para petinju membutuhkan kecepatan. Meski ringan, sepatu tinju solid karena menopang kaki dan pergelangan kaki petinju yang memerlukan gerakan kaki yang sangat cepat.

Artikel ini tayang pertama kali di Bolasport.com dengan judul "Ini Alasan Mengapa Petinju Harus Menggunakan Sepatu Ketika Bertarung"

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest