Follow Us

Sempat Jadi Misteri, Begini Penjelasan Ahli Soal Mengapa Menguap Itu Menular

Bayu Galih Permana - Jumat, 15 Maret 2019 | 14:51
Ilustrasi menguap
iStockphoto

Ilustrasi menguap

HAI-Online.com - Pada pernah ngalamin nggak sih sob, tiap ada yang menguap, pasti orang di dekatnya ataupun kalian sendiri jadi ikutan menguap? Sempat menjadi misteri, alasan mengapa menguap itu menular kini telah terungkap.

Dikutip dari Kompas.com, dalam penelitian yang dipublikasikan di jurnal Current Biology pada Agustus 2017 lalu, peneliti menyebut bahwa fenomena tersebut muncul karena adanya aktivitas pada bagian otak yang bertanggung jawab atas fungsi motorik.

Hal ini dibuktikan setelah pihak peneliti melakukan pengamatan terhadap 36 orang dewasa, untuk mempelajari apa yang terjadi pada otak seseorang saat melihat orang lain menguap, dengan cara melihat video.

Ketika menonton video orang menguap itulah, para peneliti kemudia mengukur aktivitas otak para partisipan selama percobaan dengan menggunakan stimuli magnetik transkranial (TMS).

Baca Juga : Unboxing Motor Jilid 2! Dikira Ditilang, Cowok Ini Hancurkan Motornya Sendiri

Ada dua jenis percobaan yang dilakukan, di antaranya partisipan diminta mencoba serta menahan untuk nggak menguap ketika menyaksikan video orang yang menguap, dan melakukan hal sama seperti instruksi pertama dengan menambahkan aliran listrik ke kulit kepala.

Wah, nggak sakit tuh? Jadi, arus listrik ini dimaksudkan guna merangsang korteks motorik yang diperkirakan bisa berpengaruh terhadap keinginan seseorang untuk ikut menguap.

Benar saja, pihak peneliti akhirnya mendapatkan temuan bahwa kecenderungan seseorang untuk meniru orang lain menguap berkaitan dengan tingkat aktivitas otak di korteks motorik dari para partisipan.

Ketika arus listrik dialirkan ke daerah tersebut, dorongan untuk menguap turut meningkat, atau dengan kata lain kecenderungan menguap akan semakin bertambah seiring banyaknya aktivitas pada korteks motorik.

Para peneliti juga menemukan bahwa hanya sebagian yang sukses menolak keinginan menguap setelah dorongan untuk menguap justru naik saat partisipan diminta menolaknya.

"Dengan kata lain dorongan untuk menguap meningkat seiring dengan keinginan diri sendiri untuk mencoba menghentikan aktivitas menguap itu," ujar Profesor Neuropsikologi Kognitif Universitas of Nottingham Inggris, Georgina Jackson dalam penelitian tersebut.

Hmm, jadi itu to alasannya sob! Kalau kalian sendiri gimana nih, bisa menahan godaan untuk ikut menguap nggak pas liat orang lain menguap? (*)

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest